MENU
icon label
image label
blacklogo

Olahraga Ringan Tanpa Biaya Sepeser Pun

MAY 18, 2020@12:36 WIB | 132 Views

Masa karantina sekali lagi bukan berarti kita malas malasan saja. Gerakkan badan atau berolahraga merupakan hal terbaik agar badan tak lemas dan mudah terserang penyakit. Perlu digaris bawahi, jika berolahraga sebaiknya dilakukan di rumah saja, agar meminimalisir terkena virus Covid-19 yang sampai sekarang masih mewabah.

Nah, di artikel sebelumnya kami memiliki lima pilihan alat olahraga yang murah dan bisa dilakukan di rumah. Tapi, bagi kalian yang memang memprioritaskan dana untuk kehidupan sehari-hari, alat-alat rumah tangga sebenarnya bisa menjadi fasilitas olahraga sendiri. Menarik sih, jika berolahraga tanpa mengeluarkan sepeser pun ya. Berikut beberapa peralatan rumah tangga yang bisa menjadi pendamping olahraga;

1. Kursi

Biasanya, push up, sit up, dan squat bisa dilakukan tanpa alat. Namun, jika ingin lebih baik lagi, kursi atau sofa di rumah bisa dijadikan alat untuk olahraga ini, dengan triceps dips. Kegiatan ini melatih otot bahu dan lengan.

2. Keluarga

Kami juga baru tahu, bahwa anak bisa membantu anda berolahraga lebih menantang lagi. Sembari melakukan bench press, kalian bisa menyuruh anak untuk naik ke punggung. Beban dari anak-anak Anda bisa menambah berat bench press yang dilakukan. Selain itu, push up atau squat juga bisa dilakukan bersama anak-anak Anda.

3. Tas

Tak perlu menggunakan tas mewah, cukup gunakan goodie bag  untuk melatih lengan. Isi tas dengan barang berat lainnya seperti buku, kaleng, atau batu. Memang sedikit sulit melakukan olahraga ini karena goodie bag digunakan sebagai pengganti barbel. Gerakkan secara lambat agar otot tidak tegang, dan terkonsentrasi. Pengganti dumbbell atau deadlift ini sangat membantu terutama jika tak lagi pergi ke tempat gym.

4.  Ember

Ini juga bisa sebagai pengganti dumbbell atau kettlebell. Ember berisi air penuh atau benda padat lainnya seperti batu, pasir. Ember ini bisa juga digunakan sebagai pengganti tricep machine, yang diikat di sebuah tiang dan dipasangkan tali untuk menariknya.

5. Tangga

Jika rumah kalian memiliki dua lantai, tangga bisa menjadi latihan kardio. Berjalan naik-turun atau berlari juga ampuh untuk memaksimalkan daya tahan, membakar lemak, dan memperkuat otot kaki. Latihan selama 20 menit, dirasa sudah cukup untuk mencari keringat, dan jangan lupa berhati-hati ketika berolahraga di tangga.[prm/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
olahraga,
#
karantina,
#
tanpa biaya,
#
alat rumah tangga,
#
rumah