MENU
icon label
image label
blacklogo

Merasa Sedang Disadap? Coba Ganti Pengaturan IPhone Anda

JAN 05, 2022@20:00 WIB | 83 Views

Anda mungkin memiliki ketakutan bahwa smartphone yang anda miliki mendengarkan atau mengawasi Anda. IPhone Anda tentu saja bukan tanpa risiko privasi, dan anda harus benar-benar memperhatikan pengaturan anda dan semua izin aplikasi di smartphone, tetapi satu fitur bermanfaat yang telah dibangun Apple adalah peringatan visual saat perangkat Anda mencoba untuk merekam Anda.

Ada dua lampu indikator di status bar di sudut kanan atas layar iPhone yang memberi tahu bahwa salah satu atau kedua fungsi perekaman sedang digunakan. Titik kuning atau oranye muncul saat mikrofon perangkat aktif. Anda akan melihat titik hijau saat kamera Anda (atau kamera plus mikrofon) sedang diakses.

Anda biasanya akan melihat lampu indikator ini saat menggunakan aplikasi media sosial yang memungkinkan Anda merekam dan memposting video, seperti Instagram, Snapchat, atau TikTok. Selain beberapa aplikasi ini, aplikasi lain yang meminta akses ke kamera ponsel anda juga akan memicu titik tersebut.

Cara menonaktifkan akses kamera dan mikrofon untuk aplikasi Anda

Jika anda tidak ingin aplikasi tertentu mengakses kamera atau mikrofon, anda dapat menonaktifkannya di pengaturan iPhone Anda. Jelas ini akan membatasi fungsionalitas tertentu di aplikasi tersebut.

Buka Pengaturan dan ketuk Privasi > Mikrofon. Ini akan memberi Anda daftar semua aplikasi yang telah meminta akses ke mikrofon Anda. Nonaktifkan semua yang ingin Anda nonaktifkan. Untuk memutus akses kamera, buka Pengaturan > Privasi > Kamera dan matikan aplikasi apa pun yang tidak anda inginkan menggunakan kamera.

Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan privasi aplikasi lain, seperti Layanan Lokasi dan akses perpustakaan foto, pada saat yang sama jika Anda membuka Pengaturan dan menggulir ke bawah ke daftar aplikasi yang telah Anda instal, dan ketuk yang ingin Anda edit.

Perhatikan bahwa beberapa aplikasi Apple, seperti Memo Suara (dan tentunya Kamera), juga dapat mengaktifkan mikrofon atau kamera anda dan muncul lampu indikator yang sesuai tetapi tidak muncul di pengaturan privasi. Jadi, jika Anda telah menonaktifkan semua aplikasi yang terdaftar dari fungsi perekaman dan masih melihat titik oranye atau hijau, mungkin ada alasan selain bahwa seseorang memata-matai anda. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
iphone,
#
blacktips