MENU
icon label
image label
blacklogo

Memilih Kabel HDMI yang Tepat

JUL 05, 2019@18:05 WIB | 0 Views

Tidak semua kabel HDMI dibuat sama, tetapi Anda tidak perlu menghabiskan lengan dan kaki untuk mendapatkannya dengan spesifikasi dan kinerja terbaru. Dengan harga sekisar 100 ribu saja Anda dapat menemukan kabel yang memungkinkan Anda menonton sumber video apapun hingga resolusi 4K yang luar biasa pada 60 frame per detik, dengan HDR. Di bawah, kami akan mengajari semua yang perlu diketahui untuk memilih kabel HDMI yang terbaik untuk Anda.

Meskipun ada upaya dari beberapa produsen untuk memberi label produk mereka sebagai "HDMI 2.0," atau "HDMI 2.1," apa yang membedakan satu kabel HDMI dari yang lain bukanlah versi HDMI. Nomor versi itu (1, 1.4, 2.0, dll.) menjelaskan kemampuan perangkat keras Anda - TV, soundbars, penerima A / V, dll. - bukan kabel HDMI Anda. Sebagai gantinya, ini adalah kriteria yang perlu Anda gunakan saat memilih kabel baru:

Kecepatan (atau bandwidth): Kriteria ini adalah pertimbangan tunggal terbesar ketika memilih kabel HDMI. Setiap versi HDMI telah memperkenalkan fitur-fitur baru. Beberapa, seperti HDMI-ARC, belum memberlakukan banyak perubahan tambahan (dibandingkan dengan versi sebelumnya) pada jumlah data yang ditransfer melalui kabel HDMI. Kunci untuk memilih kabel HDMI yang tepat adalah memahami persyaratan kecepatan Anda. Bagi kebanyakan orang kabel HDMI yang diberi peringkat "High Speed", dengan bandwidth hingga 18Gbps, akan cukup cepat untuk melakukan semuanya. Kecuali tentu saja untuk video 8K.

Panjang: Di dunia yang ideal, Anda akan memilih kabel HDMI yang memiliki panjang sesingkat mungkin untuk pengaturan yang diinginkan. Namun, pengaturan memiliki kebiasaan berubah saat Anda menambahkan, menghapus, dan memindahkan komponen A / V. Pastikan Anda memilih kabel HDMI yang cukup panjang untuk kebutuhan Anda saat ini dan di masa mendatang, terutama jika Anda memasangnya di dinding atau langit-langit. Tapi hati-hati dengan kabel HDMI yang panjangnya lebih dari 25 kaki. Ini dapat mengalami degradasi sinyal, dan Anda mungkin menemukan bahwa kabel yang panjang tidak menjaga koneksi yang andal antara perangkat. Selalu periksa untuk memastikan kabel HDMI berfungsi dengan semua perangkat dan tipe konten Anda sebelum memasangnya secara permanen. Kabel HDMI aktif menggunakan chip kecil untuk meminjam sedikit daya dari perangkat yang terhubung, yang membantu menjaga kekuatan sinyal pada jarak yang lebih jauh.

Jenis pemasangan: Jika Anda berencana memasang kabel HDMI melalui dinding atau langit-langit, kabel itu harus diberi peringkat untuk jenis penggunaan itu. Jangan menggunakan kabel HDMI standar di belakang drywall - penutup pelindungnya tidak dirancang untuk menahan kontak yang tidak disengaja dengan bahan konstruksi seperti paku, sekrup, dan logam rangka dinding. Cari kabel dengan peringkat CL2 atau CL3, dan selalu periksa kode bangunan setempat Anda sebelumnya.

Sebagai tip tambahan sekaligus penutup, Anda tidak perlu khawatir menegnai apakan kabel HDMI yang dibeli bersertifikat atau tidak. Perbedaan antara kabel HDMI yang bersertifikat dengan yang tidak bukanlah sesuatu yang signifikan hingga perlu jadi bahan pertimbangan khusus. Jika kabel HDMI yang dibeli benar-benar kabel berkecepatan tinggi, itu akan melakukan semua tugas yang diperlukan. Seperti mentransmisikan 4K / 60Hz, jangkauan dinamis tinggi (HDR), dan video berwarna 4: 4: 4, ditambah audio yang tidak terkompresi. Selamat berburu kabel HDMI blackpals.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
hdmi,
#
hdmi cable,
#
high speed hdmi

RELATED ARTICLE