MENU
icon label
image label
blacklogo

Langkah-Langkah Penting dan Tepat Untuk Perawatan Sepatu Pria

JUL 27, 2021@19:00 WIB | 474 Views

Memilih sepatu merupakan hal yang penting, tetapi setelah Anda melakukannya, apa selanjutnya? Artikel ini membahas apa yang harus dilakukan pria pada sepatu barunya sebelum memakainya, dan bagaimana selanjutnya untuk melakukan perawatan pada sepatu Anda.

Pasti Anda tidak ingin jika sepatu yang baru saja Anda beli sudah rusak bukan dalam beberapa bulan kedepan karena Anda kurang memerhatikannya. Beikut adalah kiat-kiat yang dapat membantu Anda dalam perawatannya.

1. Dress Code Sepatu Pria: Mempunyai Pondasi Yang Kokoh

Sepatu adalah dasar dari pakaian pria. Ketika seseorang memperhatikan Anda, itu dimulai dari wajah, turun ke sepatu, lalu kembali ke wajah. Sepatu pria adalah batu di mana bingkai (pakaian) dibangun, yang mengarah ke keseluruhan gambar, wajah. Sepatu yang dirawat dengan baik dapat bertahan sepuluh, dua puluh, atau bahkan empat puluh tahun. Dengan asumsi Anda telah memilih sepatu pakaian yang tepat dan akan memakainya dalam pedoman masyarakat terhormat, sepatu pria harus dirawat dengan benar.

Apakah bal atau blucher, slip on atau monkstrap, hal pertama yang Anda lakukan pada sepatu Anda sama pentingnya dengan memakainya dengan benar (bukan berarti pada kaki yang benar; melainkan, mencocokkan sepatu dengan pakaian untuk acara dengan benar). Berikut ini adalah panduan untuk metode sederhana dan efektif merawat sepatu pria sebelum Anda ingin memakai sepatu baru Anda.

2. Perlengkapan Perawatan Sepatu

Anda mungkin menyukai sikat sepatu kecil untuk mengoleskan semir. Dapatkan kuas yang berbeda untuk setiap cat warna berbeda yang Anda beli sehingga tidak akan ada pencampuran warna. Untuk perawatan awal, beberapa perlengkapan perawatan sepatu yang sederhana dan mudah ditemukan diperlukan untuk menunjukkan sepatu Anda bahwa Anda menyukainya. Mereka adalah:

- Pembersih/kondisioner kulit sepatu. Ini dapat ditemukan di toko sepatu dan pengecer besar, tetapi jangan membeli yang termurah di luar sana. Pembersih/kondisioner kulit sepatu dapat digunakan pada sepatu warna apa pun.

- Semir sepatu. Jika sepatunya hitam, semirlah dengan warna hitam. Jika coklat atau cordovan, mungkin lebih baik menggunakan semir netral karena seiring waktu sepatu akan mengambil warna semir sepatu yang digunakan untuk mengkilatnya. Jika Anda memiliki lebih dari satu pasang sepatu cokelat dengan warna yang sedikit berbeda, akan lebih baik menggunakan semir netral untuk mempertahankan individualitas masing-masing pasangan. Tapi sekali lagi, jangan membeli yang termurah, belilah semir sepatu yang layak.

- Kain katun lembut. Tidak perlu mengeluarkan uang di sini, kaos lama atau kemeja flanel akan bekerja dengan sempurna.

- Sikat sepatu untuk buffing. Ini adalah sikat bulu kuda panjang (sekitar 7) yang digunakan saat menyemir sepatu untuk menghilangkan semir sepatu berlebih dan mengkilat sepatu agar bersinar. Sama seperti kuas kecil, dapatkan satu untuk setiap cat warna yang Anda gunakan.

3. Menggunakan Pembersih/Conditioner Untuk Kulit Sepatu

Setelah persediaan perawatan berbaris, saatnya untuk mulai bekerja. Kumpulkan sepatu dan perlengkapan. Handuk tua yang dapat Anda gunakan untuk tujuan perawatan sepatu Anda, sehingga Anda tidak membuang-buang koran atau mengotori banyak handuk tanpa bisa diperbaiki. Periksa petunjuk pada botol pembersih/kondisioner kulit sepatu untuk petunjuk khusus, misalnya mengocok botol.

Gunakan salah satu kain Anda untuk menghilangkan debu dari sepatu baru. Oleskan sedikit pembersih/kondisioner sepatu ke kain bersih dan gosokkan ke kulit sepatu. Kerjakan seluruh bagian atas sepatu, lalu sisihkan sepatu pertama, dan kerjakan yang kedua. Biarkan sepatu selama sepuluh menit. Mereka akan mengembangkan sedikit kabut saat pembersih/kondisioner kulit mengering. Setelah sepuluh menit, gunakan kain lain untuk menghilangkan sisa debu/kotoran yang masih menempel.

Pembersih/kondisioner kulit sepatu melakukan persis seperti namanya: membersihkan dan mengkondisikan. Tanpa produk ini, sepatu Anda akan lebih cepat rusak. Kulit akan menjadi keras dan retak dan melengkung, dan membuat sepatu umumnya tidak menarik dan tidak nyaman. Jangan lewatkan langkah ini!

4. Perawatan Sepatu Jangka Panjang Untuk Sepatu Pria

Perawatan sepatu selanjutnya tergantung pada seberapa sering seorang pria memakai sepatu formal. Jika setiap hari, ia harus menyemir sepatunya seminggu sekali (ia juga tidak boleh memakai sepatu yang sama lebih dari satu hari untuk memperpanjang usianya). Jika lebih jarang, sebulan sekali atau dua kali sudah cukup. Dia harus menggunakan pembersih/kondisioner kulit setidaknya sebulan sekali, tidak peduli seberapa sering dia memakai sepatu; beberapa bahkan mengatakan untuk menggunakannya setiap minggu. Pembersih/kondisioner akan menjaga lapisan cat lama agar tidak mengkilat, sekaligus menjaga kelenturan dan kelembutan kulit.

Menyemir sepatu Anda akan melindungi sepatu dari kotoran sampai tingkat tertentu, tetapi tidak seperti sepasang sepatu luar. Overshoes tidak cantik, tetapi mereka akan menjauhkan kotoran dari sepatu Anda dan mencegah kerusakannya. Tukang reparasi sepatu terkadang dapat menghilangkan noda bandel, tetapi tidak selalu, jadi lanjutkan dan dapatkan sepatu luarnya. Dapatkan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran sepatu Anda sehingga Anda tidak merobeknya saat memakainya.

Langkah-langkah ini akan memunculkan yang terbaik dalam sepatu baru pria saat pertama kali memakainya di luar domisilinya. Karena gaya pria sangat bergantung pada sepatu pria, pria harus merawatnya secara khusus. Jika Blackpals mengikuti panduan ini untuk merawat sepatu untuk pertama kali dan setiap kali setelahnya, Anda akan mengatur diri Anda untuk hubungan yang indah dengan gaya Anda, masyarakat, dan sepatu Anda.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
perawatan sepatu pria,
#
tips perawatan sepatu pria