MENU
icon label
image label
blacklogo

Kuasai Ini, Maka Kalian Menjadi Pemimpin Berkualitas

MAY 11, 2020@10:56 WIB | 336 Views

Semua manusia memang memiliki bakat dan sifat masing-masing sejak dilahirkan ke dunia. Menjadi seorang pemimpin pun di masa depan, memang sudah menjadi hak untuk semua orang, namun perlu diketahui bahwa jika ingin diri sendiri sukses, ada keterampilan yang harus diasah.

Jika kita ingin menjadi panutan untuk banyak orang dan menjadi sumber inspirasi, fokuslah menjadi pemimpin yang kuat. Mengasah hal tersebut tak melulu harus ikut kursus atau bersekolah. Namun ada 6 poin penting yang anda bisa asah sendiri untuk menjadi pemimpin bagi banyak orang.

1. Komunikasi

Tentunya harus bisa menguasai komunikasi efektif. Komunikasi terbaik, adalah bagaimana kita bisa menginspirasi, memberikan motivasi, dan menantang pihak lain dengan visi kita yang lebih luas. Jika kamu bekerja dengan beberapa orang dalam satu tim untuk mengembangkan produk, maka kembangkanlah produk tersebut dengan visi kalian yang dapat mengubah pengguna prodknya kelak. Komunikasikan pula visi anda itu ke semua anggota tim, yang tentunya membangun.

2. Tegas

Bukan berarti marah-marah. Sebagai pemimpin tidaklah mudah mengambil keputusan berisiko tinggi, apalagi banyak orang yang mengandalkan kalian. Jika keputusan yang anda lakukan tak sesuai rencana, kalian akan dihadapkan pada pilihan lain, apakah kalian akan memikul tanggung jawab, bersedia disalahkan, atau mungkin terpikirkan cara lain keluar dari masalah ini bersama tim? Inilah seorang pemimpin. Bersedia ambil risiko dan bertanggung jawab.

3. Kerendahan Hati

Jika kalian sering menyalahkan bawahan, untuk belajar lebih baik lagi, maka kalian sebagai pemimpin juga harus belajar dan tumbuh. Sesekali mengakui kesalahan, terbuka dan belajar dari tim sendiri. Jika tim anda memberikan masukan mengenai kinerja perusahaan, maka sikap kalian adalah terbuka, menerima beragam ide transformatif. Kembangkan lah secara bersama-sama.

4. Integritas

Mengambil jalan pintas atau tidak jujur, hanya menjadi kemenangan sementara dan bukan kesuksesan tetap seseorang. Jon Huntsman, Sr dalam bukunya Winners Never Cheat, disebutkan bahwa karakter adalah ciri utama seorang pemimpin sukses. Ketika kalian menerapkan integritas sebagai pemimpin, kalian membangun sebuah kepercayaan kepada semua pemangku kepentingan, sehingga loyalitas mengarah pada pemimpin yang memiliki integritas.

5. Fokus

Pemimpin hebat bagai seorang nahkoda di kapal besar, yang terombang-ambing lautan ganas. Jika anda tidak fokus mengarahkan kapal, apa yang terjadi kemudian?

Pemimpin memang menjadi kendali sebuah perusahaan. Jika perusahaan sedang digoyang banyak masalah, pemimpin harus tetap fokus pada satu tujuan yaitu mengarahkan perusahaan menjadi lebih baik. Pemimpin hebat terus mencari dan menggapai kesuksesan dan membuat perencanaan ke depan, teratur, dan membuat pola skenario pergerakan perusahaan dengan mempertimbangkan jalan lain jika mengalami kendala.

6. Koneksi

Koneksi di sini bukan berarti dengan pihak di luar sana, melainkan tim kita sendiri. Jika tim kita sendiri tidak merasa aman secara emosional di pekerjaan, maka yang dipikiran mereka hanya fokus bertahan hidup, mengerjakan itu-itu saja, dan bukan mengembangkan potensi. Pemimpin bertanggung jawab memfasilitasi koneksi tiap karyawan sehingga mereka dapat memenuhi potensi diri.

Sesekali kunjungi karyawan/tim kalian ke ruangan mereka. Ajak mereka sesekali mengobrol mengenai kehidupan mereka, dan tak melulu soal pekerjaan. Puji pekerjaan mereka ketika mereka berhasil, dan sesekali beritahu manfaat dari kontribusi kerja keras mereka. Membangun hubungan baik dengan rekan kerja/karyawan atau tim, itulah yang membuat anda menjadi pemimpin yang efektif.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
pemimpin,
#
berkualitas,
#
pemimpin hebat