MENU
icon label
image label
blacklogo

Karantina, Jangan Malas Mencuci Sepatu

APR 25, 2020@10:10 WIB | 272 Views

Sepatu, adalah alas kaki yang selalu kita gunakan setiap hari, terutama saat beraktivitas. Untuk yang kerja bergaya casual, menggunakan sepatu kets atau sneakers yang bergaya pula. Sayangnya, COVID-19 memaksa semuanya untuk berhenti beraktivitas di luar dan berlakunya masa karantina, meskipun beberapa masih bekerja sampai saat ini. Masa karantina, bukan berarti kita bermalas-malasan. Sepatu yang kalian gunakan ketika beraktivitas kemarin bisa dicuci sendiri, mumpung masih ada waktu. Untuk mencuci sepatu, ada tips dari para produsen sneakers ternama bagaimana membersihkan dengan baik;

1. Hilangkan Kotoran Luar

Pertama sebelum dicuci adalah membersihkan debu/kotoran seperti lumpur diluarnya dahulu. Tepuk sol sepatu agar lumpur dan kotoran dibawahnya keluar. Jika agak sulit, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok kotoran yang masih menempel.

2. Bersihkan Punggung Sepatu

Dibagian ini kalian gunakan kain fiber dan juga campuran sedikit deterjen khusus (seperti untuk mencuci baju bayi) serta air hangat. Usap perlahan bagian luar atas sepatu, dan juga kotoran yang masih menempel agar mudah terangkat. Bahan kimia yang sedikit di deterjen tersebut tidak merusak bahan sepatu.

3. Bilas Sepatu

Ambil kain lap atau gunakan kain lap yang tidak kotor, lalu celupkan ke air hangat untuk membersihkan sisa sabun/deterjen. Pakai sikat gigi bekas dan celupkna ke air hangat untuk menyeka kotoran yang masih menempel di tepian sepatu.

4. (Khusus Ada Bahan Kulit)

Jika sepatu kalian memiliki bahan kulit, gunakan sedikit kondisioner atau cairan khusus untuk membersihkan bagian kulitnya.

5. Cuci Sol Dalam

Jika sepatu kalian memungkinkan untuk dicabut sol bagian dalamnya, maka ini bagus agar bisa dicuci. Sol ini sebaiknya dicuci dengan air dingin dan deterjen tentunya, untuk menghilangkan bau tak sedap yang timbul. Dengan begini, maka sepatu kalian sudah bersih dan wangi, dan siap untuk digunakan setelah masa karantina usai.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
cuci sepatu,
#
sneakers,
#
karantina