MENU
icon label
image label
blacklogo

Jauhkan Ransomware Destruktif “EvilQuest” dari Mac Anda

JUL 16, 2020@12:30 WIB | 142 Views

Salah satu bagian terbaru dari Mac yang harus selalu Anda ingat ketika ingin mengunduh sesuatu adalah keberadaan ransomware destruktif, yang disebut EvilQuest. Apabila Anda adalah pengguna file instalasi yang sah untuk Mac, seperti Little Snitch dan Made in Key 8, Anda tak perlu kuatir. Sebab ransomware ini menyebar lewat perangkat lunak Mac bajakan yang bertujuan mengincar data pribadi Anda.

Salah satu yang patut diperhatikan adalah logo resmi dan kemasan yang benar untuk software Mac, seperti yang dimiliki Little Snitch dan Made in Key 8. Banyak produsen ransomware yang tak segan menggunakan ikon paket instalasi generik dan menampilkan gambar disk palsu. Karena itu, diperlukan kewaspadaan tinggi ketika hendak mengunduh maupun menginstal aplikasi di perangkat Mac.

Kabar EvilQuest sebagai ransonware destruktif pertama kali diungkapkan oleh Malwarebytes, yang menemukan file ‘tambalan’ mencurigakan. Mereka menemukan bahwa pemasang tidak memiliki sertifikat tanda kode yang tepat, sejenis tanda tangan digital untuk memverifikasi file dari sumber terpercaya.

Layaknya ransomware lainnya, EvilQuest mengenkripsi file pada perangkat, termasuk hard drive yang terhubung dan lokasi penyimpanan eksternal, dan membuat itu terkunci. Sehingga Anda tak lagi dapat mengakses data pribadi yang tersimpan di sana. Satu-satunya cara untuk mendapatkan akses kembali adalah dengan membayar ‘tebusan’ kepada peretas. Umumnya, tebusan dilakukan lewat transaksi bitcoin atau transfer uang anonim. Malangnya lagi, pelunasan tebusan hanya diberi waktu tiga hari, sehingga bila Anda tak kunjung membayar, data tersebut hilang selamanya.

EvilQuest memang terdengar sangat menakutkan, namun ada cara untuk menghindarinya. Langkah mendasar adalah dengan menghindari software atau aplikasi bajakan apapun. Meski sederhana, ini adalah cara paling aman untuk menjaga data Anda jangan sampai terbobol EvilQuest.

Langkah berikutnya adalah dengan mencari tahu lebih dalam mengenai aplikasi yang akan Anda instal atau unduh di perangkat Mac. Pastikan tidak ada laporan masalah terkait aplikasi, sehingga itu membangun kepercayaan.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan antivirus untuk menangkap file berbahaya, sebelum Anda mengunduh atau menginstal sesuatu.

Selain pencegahan di atas, tak ada salahnya bila Anda memiliki beberapa cadangan data untuk berjaga-jaga. Pastikan data tersebut disimpan terpisah dari penyimpanan perangkat Mac, sehingga masih bisa diakses meski Mac Anda terinfeksi.

Jika sudah terjangkit ransomware EvilQuest, satu-satunya cara terbaik yang mungkin bisa memulihkan data Anda adalah dengan pengaturan ulang. Meskipun cara ini tak menjamin data Anda bisa kembali diakses seratus persen. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ransomware,
#
ransomware destruktif,
#
evilquest,
#
mac,
#
software mac,
#
software