MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Dibuang! Lakukan Cara Ini Saat MicroSD Rusak

AUG 16, 2019@15:47 WIB | 277 Views

Kapasitas penyimpanan eksternal pada smartphone biasanya bisa dimanfaatkan dengan menyematkan kartu microSD. Ya, microSD merupakan kartu memori eksternal yang sudah sering digunakan untuk menyimpan dokumen dan data di luar kapasitas internal smartphone. Variannya juga banyak, dari yang paling kecil 8GB hingga yang paling besar 512GB. Terlepas dari kegunaannya, microSD seringkali gagal membaca dokumen yang hendak disimpan. Kegagalan yang disebut "damage" ini menyebabkan data yang disimpan terkorupsi dan membuatnya otomatis hilang. Otomatis, microSD langsung rusak.

Namun jangan panik, perlu dicatat bahwa microSD yang rusak bukan berarti sudah tidak bisa digunakan lagi. Ada beberapa trik untuk bisa mengatasi microSD tidak terdeteksi agar berfungsi kembali. Bagaimana caranya? Simak beberapa trik di bawah ini.

Pakai Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah memulihkan data dari microSD yang tidak bisa dideteksi. Untuk melakukannya, kamu dapat mengunduh aplikasi EaseUS dari Google Play store, pilih microSD yang ingin diperbaiki, dan klik tombol “Scan”. Setelah selesai memindai, klik “Recover” untuk mengambil data dan menyimpannya terlebih dahulu di PC atau disk lain.

Perbaiki MicroSD yang Tidak Terdeteksi

Untuk memperbaiki microSD yang tidak terdeteksi ada dua metode. Yang pertama adalah dengan memperbarui driver. Kamu dapat melakukannya dengan buka Computer > System Properties. Di sebelah kiri akan terlihat tulisan “Device Manager”, klik tulisan tersebut. Di sebelah “USB controller” klik tanda “+”. Bila MicroSD tidak terdeteksi, maka akan ada tanda seru berwarna kuning. Lanjutkan dengan klik kanan dan pilih “update driver software” > “automatically search for driver software online”. Tunggu sebentar hingga instalasi driver selesai dan reboot komputer. Setelah selesai, kamu bisa mengecek MicroSD yang sudah diperbaiki dengan memasukan microSD di smartphone, apakah sudah berhasil terdeteksi atau belum.

Format Kartu MicroSD dari Laptop atau PC

Hal ini berlaku jika kartu microSD kalian terbaca di komputer tetapi tidak terbaca di ponsel kalian. Backup semua data-data kalian ke komputer, agar data-data tidak hilang saat melakukan format, kemudian formatlah kartu microSD tersebut, jika sudah, pindahkan kembali semua data-data tadi, dan cek kembali apakah sudah berfungsi seperti semestinya.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
microsd,
#
hardware