MENU
icon label
image label
blacklogo

Hindari Jalur Ganjil-Genap Dengan Waze dan Google Maps

JUL 24, 2018@19:00 WIB | 29,554 Views

(Manfaatkan Waze untuk menghindari jalur ganjil-genap)

Jalur ganjil-genap akhir-akhir ini kembali menjadi momok. Apalagi pemerintah menambah zona jalur ini ke beberapa daerah lainnya. Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan mobil, salah masuk jalur dapat berakibat fatal. Bukan karena berniat melanggar, namun kurangnya informasi dapat menjadi penyebabnya.

(Google Maps juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari jalur ganjil-genap)

Untuk itu, Anda dapat memaksimalkan aplikasi navigasi pada ponsel Anda untuk menghindari jalur ganjil-genap tersebut. Dua aplikasi peta populer, Waze dan Google Maps sudah mendukung fitur ini. simak langkah di bawah ini untuk menghindari jalur ganjil-genap dengan menggunakan aplikasi navigasi.

Google Maps

(Lakukan pengaturan melalui menu Settings)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Settings di Google Maps. Ketuk ikon tiga garis di sebelah kiri atas, selanjutnya gulung layar kemudian pilih Settings.

(Pilih jenis nomor kendaraan Anda)

Di menu Setting, gulung layar hingga Anda menemukan opsi Navigation Setting. Pilih Navigation Settings. Dalam submenu Navigation Settings, ketuk Avoid odd-even traffic fines. Akan muncul pilihan “Even plate” dan “Odd plate”. Pilihan tersebut mengacu pada nomor kendaraan Anda. Even berlaku untuk angka genap sedangkan Odd berlaku untuk Angka Ganjil.

Selanjutnya Google Maps akan memilih jalur yang sesuai dengan nomor kendaraan Anda.

Waze

(Buka Settings Waze)

Langkah melakukan pengaturan di Waze pun sama. Ketuk ikon bergambar kaca pembesar di kiri bawah layar, kemudian pilih ikon berbentuk gerigi di pojok kanan atas. Gulung layar hingga Anda menemui opsi Navigation.

(Masukkan dua digit terakhir nomor kendaraan Anda)

Dalam menu Navigation, di bagian More options Anda akan menemui submenu License plate restriction. Masukla ke submenu tersebut dengan mengetuknya. Selanjutnya, masukkan dua angka terakhir nomor kendaraan Anda. Ketuk Done ketika Anda sudah selesai.

Pilihan ini juga akan membuat Waze secara otomatis mengarahkan rute yang sesuai dengan nomor kendaraan Anda. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
waze,
#
google maps,
#
ganjil-genap