MENU
icon label
image label
blacklogo

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Jaket Kulit

FEB 16, 2022@18:30 WIB | 505 Views

Jaket kulit adalah salah satu outfit yang tidak pernah lekang oleh jaman. Dari tahun 50-an dengan kultur Rockabilly-nya sampai saat sekarang ini, tren jaket kulit sepertinya tidak akan mati. Jaket kulit menampilkan statement outfit yang berani. Oleh karena itu, agar jaket kulit ini semakin mempertegas statement dari penampilan, gunakanlah jaket kulit dengan kualitas terbaik.

Sebelum memasukkan jaket kulit dalam list outfit, ada baiknya menyimak beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jaket kulit:

1. Gunakan warna outfit yang serasi

Coklat adalah salah satu warna yang paling alami dan populer untuk dipadupadankan dengan jaket kulit. Hindari tabrakan warna dengan mengenakan sepatu bot atau celana panjang hitam. Pasangkan jaket kulit cokelat dengan outfit berwarna sama atau dengan warna yang lebih terang agar statement dari sebuah jaket kulit tidak tertutupi oleh detail-detail yang mengganggu.

2. Gunakan bahan vegan leather daripada kulit imitasi

Banyak yang akan menyarankan untuk menghindari kulit sintetis karena lebih cepat terkelupas setelah beberapa waktu, tetapi kulit asli bukanlah pilihan untuk semua orang. Jadi jangan mengesampingkan ide kulit imitasi sama sekali. Kulit vegan adalah alternatif yang bagus. Ini ramah anggaran dan masih bisa memberi estetika yang Anda cari.

3. Jangan dicuci dengan mesin

Ketika jaket kulit menjadi kotor, pertama-tama cobalah membersihkan nodanya. Sebagian besar jaket dilengkapi dengan “care label” dari produsen yang memiliki instruksi khusus tentang cara membersihkan jaket kulit.

Mencuci dengan mesin dapat merusak bahan jaket kulit. Noda kecil tidak sulit dibersihkan tetapi untuk noda yang lebih besar, mungkin perlu menggunakan produk pembersih kulit khusus.

4. Jangan biarkan basah

Kulit adalah bahan yang sangat berpori dengan banyak lubang kecil. Lubang-lubang ini terus-menerus menyerap kelembaban dari lingkungan.

Pori-pori ini bermanfaat karena melindungi kulit dari kekeringan tetapi kelembaban yang berlebihan dalam waktu lama dapat merusak jaket kulit. Untuk melindungi jaket dalam jangka panjang, keringkan terlebih dahulu sebelum memasukkannya kembali ke dalam lemari.

5. Jaga kondisi jaket kulit

Mungkin ini adalah satu-satunya langkah terpenting saat merawat jaket kulit. Kulit membutuhkan pengkondisian teratur agar tidak kaku dan keras. Mengkondisikan hal ini dengan saddle soap dapat melindungi jaket kulit dari kerusakan dan memperpanjang umur jaket kulit. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips styling,
#
jaket,
#
jaket kulit,
#
leather jacket,
#
blacktips