MENU
icon label
image label
blacklogo

Habis Gowes, Jangan Lupa Cuci Sepeda

AUG 12, 2020@11:00 WIB | 359 Views

Ada yang mengatakan bahwa sepeda sedang booming? Ya kami rasa juga begitu, apalagi sejak Covid-19 melanda di Indonesia, keinginan tiap individu untuk hidup lebih sehat terus terbentuk hingga saat ini. Sepeda menjadi salah satu alat olahraga yang sangat digemari hingga sekarang. Tak ayal banyak jenis sepeda yang berseliweran di jalanan.

Meskipun nyaman digunakan, nyatanya sepeda juga harus dicuci hingga bersih. Satu agar terlihat bersih dari debu dan kotoran dan kedua kuman atau virus yang tak sengaja menempel di sepeda juga segera hilang. Sudah dapat sehatnya, dapat pula bersihnya. Oleh karena itu, berikut tips atau cara membersihkan sepeda yang bisa kalian contoh, yang tentunya bisa dipraktekkan di rumah;

Peralatan:

- Kain untuk mengeringkan sepeda

- Sikat

- Ember+air

- Sabun

- Sponge

- Paddock/standar segitiga sepeda

- Lubrican rantai

- Polish

- Semir ban

Cara mencuci;

1) Lepas semua pendukung sepeda seperti lampu/gadget dengan aliran baterai/tas .

2) Paddock dipasang agar sepeda stabil dan roda belakang bisa diputar. Jika tidak ada, pakai standar biasa saja juga cukup, namun jika standar biasa ini berada di tengah, maka ketika roda diputar akan terganjal pedal sepeda.

3) Siapkan sabun+air+ember serta sponge. Sabun pencuci piring minimal bisa digunakan untuk mencuci sepeda.

4) Untuk rantai dan pendukungnya, sebaiknya dilumuri oleh degreaser/chain lube untuk merontokkan sisa-sisa kotoran dan pelumas yang menempel. Tunggu sekitar 1 menit, kemudian gosok dengan sikat.

5) Basahi sepeda dengan air mengalir, cukup dengan tekanan air rendah saja agar tidak membuat cat dan stiker terkelupas. Basahi sembari gosok dengan tangan agar kotoran yang sangat menempel bisa jatuh. Sprocket, rantai dan pendukungnya yang sudah diberi chain lube sebelumnya juga kembali disemprotkan air, dan juga disikat dengan air sabun. Pada dasarnya, cucilah terlebih dahulu bagian yang sangat kotor, seperti rantai, sprocket, ban dan kemudian frame.

6) Kemudian cuci dengan air sabun untuk velg dan sikat roda agar lebih bersih. Disinilah perlunya paddock di atas, agar kalian lebih mudah memutar roda ketika mencuci. Setelah selesai, sponge wajib dibersihkan dulu agar tanah dan pasir yang menempel dapat hilang dan sponge bisa digunakan untuk mencuci frame.

7) Setelah rantai dkk, dan juga roda, cucilah frame dan stang hingga dudukan/sadel dengan air sabun. Jika ada sudut-sudut yang tak terjangkau, gunakan sikat gigi bekas untuk mencucinya.

8) Bilas kembali dengan air mengalir ke seluruh bagian sepeda. Perhatikan jangan ada bekas sabun yang menempel.

9) Keringkan air yang masih membasahi sepeda, termasuk rantai dan sprocket. Mengeringkan rantai dengan cara menutup rantai dengan kain lap agar kering seluruhnya. Putar rantai sepeda, dan ulangi cara tersebut. model lain untuk pengeringannya adalah, setelah semua frame dan roda kering, sepeda kalian bisa dijemur untuk membantu mengeringkan rantai dan sprocket.

10) Setelah semuanya kering dan juga bagian drive train, lumasi rantai dan sprocket dengan lube chain agar pergerakan rantai dan sprocket lebih lancar ketika digunakan.

11) Poles frame dengan polish agar terlihat lebih mengkilap, serta semir ban agar kelihatan lebih gelap, dan menjaga ban lebih lentur.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
sepeda,
#
gowes,
#
tips cuci sepeda,
#
cuci sepeda