MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Sidik Jari Pada WhatsApp, Begini Cara Aktifkannya

NOV 01, 2019@16:32 WIB | 407 Views

WhatsApp baru saja menggulirkan fitur keamanan sidik jari untuk Android, di mana sebelumnya fitur ini sudah lebih dulu mampir di iOS pada awal 2019. Dengan mengaktifkan fitur ini, artinya kamu harus menggunakan sidik jari untuk membuka kunci aplikasi. Hal ini berlaku bahkan setelah kamu membuka kunci smartphone. Pembaruan ini sendiri belum tersedia di semua negara, tetapi saat seorang dari tim Blackxperience memperbarui aplikasi WhatsApp, ia dapat menggunakan fitur ini. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp pada smartphone Android dan iOS? Berikut ini caranya.

1. Android

Pengguna Android mulai versi Marshmallow atau lebih baru akan bisa menikmati fitur Fingerprint Lock ini. Tentunya, ponsel yang Anda gunakan memiliki dukungan sensor sidik jari. Cara mengaktifkannya cukup mudah. Buka WhatsApp Setting > Account > Privacy, setelah itu pengguna akan dihadapkan dengan opsi "unlock with fingerprint" untuk membuka WhatsApp. Dalam fitur tersebut WhatsApp menyediakan opsi waktu untuk mengatur berapa menit aplikasi akan terkunci ketika tidak digunakan. Ada juga pilihan untuk menyembunyikan konten notifkasi ketika akun dalam keadaan terkunci.

2. iOS

Sama seperti di Android, di iOS kamu cukup buka menu Setting, lalu pilih Account. Selanjutnya, pilih Privacy dan gulir ke bawah untuk memilih Screen Lock. Jika iPhone kamu memiliki fitur Face ID, wajah kamu akan membuka kunci obrolan, sementara Touch ID diaktifkan untuk membuka aplikasi. Dari menu Screen Lock, pilih berapa lama WhatsApp akan terkunci. Fitur sidik jari bisa diterapkan pada intervel 1, 15, atau 60 menit. Pun demikian, kamu dapat memilih immediately karena mudah untuk masuk dengan wajah atau sidik jari. Sekarang, setiap kali kamu ingin membuka kunci aplikasi, tinggal sentuh sensor sidik jari.

Sebenarnya, fitur ini telah hadir pada versi beta sejak Agustus lalu. Fitur keamanan biometrik yang ada di iOS meliputi dukungan TouchID dan FaceID. Sementara untuk Android sepertinya terbatas hanya pada pengamanan dengan sidik jari. Pasalnya, belum ada pengumuman mengenai fitur keamanan face unlock pada WhatsApp di Android.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
whatsapp,
#
sidik jari