MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Zip dan Unzip File di Chromebook

SEP 27, 2018@19:00 WIB | 317 Views

(ChromeOS hadir sebagai sebuah sistem operasi baru)

Chromebook hadir sebagai sebuah sistem operasi baru. Sistem operasi terbaru ini digadang-gadang mirip dengan Android. Beberapa vendor bahkan sudah membuat perangkat yang berjalan pada ChromeOS.

Nah, di ChromeOS ada fitur layaknya Windows dan Mac, namun dieksekusi dengan cara yang berbeda, salah satunya adalah zip. Fungsinya sama, yakni mengompres beberapa file dalam satu tempat. Sayangnya, tidak banyak pengguna Chromebook yang menyadari kehadiran fitur ini.

Kali ini BlackXperience akan menghadirkan cara Zip dan Unzip file di Chromebook. Simak tutorialnya berikut ini!

Pilih file

(Pilih file yang akan Anda kompres menjadi satu)

Langkah pertama Anda tentunya harus memilih file apa saja yang akan dikompres. Buka File Manager Chromebook Anda, kemudian tekan Shift sambil klik pada deretan file yang akan Anda jadikan percobaan kali ini.

ZIP

(Melakukan kompresi pada Chromebook sangat mudah)

Jika Anda sudah menentukan file yang akan dikompres, klik kanan pada file tersebut. Nantinya akan muncul context menu. Selanjutnya, pilih “Zip selection” dari menu yang ditampilkan pada layar Chromebook Anda. Chromebook akan langsung mengompres file tersebut. Anda dapat memilih untuk upload ke Google Drive atau Drpobox, attach ke email, dan menyimpannya di Chromebook Anda. Untuk saat ini pilih “Archive .zip” untuk menyimpannya.

Cara Unzip

(Meng-ekstrak file juga dapat dilakukan dengan simpel)

Cara unzip di Chromebook sama mudahnya dengan ketika Anda melakukan kompresi file. Caranya, buka file .zip tersebut dengan klik ganda. Anda akan melihat daftar file yang dikompres dalam .zip tersebut. Silakan buka window file manager baru dan buat folder baru untuk tempat file tersebut. Selanjutnya, drag file yang Anda butuhkan dari .zip tersebut ke folder baru.

Eksekusi beberapa fitur dalam Chromebook memang berbeda ketimbang sistem operasi Windows dan MacOS. Meski begitu, ChromeOS menawarkan keunggulan tersendiri, yakni mampu menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan emulator.

So, begitulah tutorial zip dan unzip file di Chrome OS. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
chromeos,
#
chromebook,
#
zip,
#
unzip