MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Untuk Tetap Aman Dalam Era Internet of Things

JAN 04, 2021@09:30 WIB | 115 Views

Internet of Things (IoT) telah berkembang dengan pesat,  penuh dengan janji masa depan dan membuat banyak hal dalam hidup jauh lebih mudah, namun ada pengorbanannya. Privasi dan keamanan pada internet seringkali menjadi sebuah tantangan. Membiarkan hal ini terus terjadi sama halnya dengan membiarkan pintu rumah tidak terkunci.

Dalam IoT, Wi-Fi memiliki kemampuan untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan teknologi lain untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diinginkan, baik itu yang berupa penting dan privasi. Jika tidak dijaga dengan ketat, titik koneksi ini akan seperti pintu terbuka dan dapat didatangi oleh tamu yang tak diinginkan.

Maka dari ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan internet, sehingga Anda bisa terkoneksi dengan bebas tanpa takut terganggu peretasan.

Memilih koneksi yang tepat untuk perangkat

Begitu banyak kejadian cybercrime beberapa tahun belakang, terutama pada peretasan dan terjadi pada semua perangkat, baik itu smartphone, laptop, komputer dan lain-lain. Salah satu cara peretasan ini terjadi akibat pemilihan koneksi yang sembarangan. Koneksikan perangkat Anda kepada teknologi atau jaringan yang terjamin.

Amankan jaringan di rumah

Disaat Anda mengamankan jaringan di rumah, berarti menjaga data Anda. Ada beberapa langkah dasar pertama pastikan Anda memiliki firmware router terbaru dan Anda telah mengubah kata sandi default. Selanjutnya Anda bisa menyembunyikan jaringan agar tidak mudah terbaca. Pastikan juga untuk teratur mengubah kata sandi pada Wi-Fi untuk menghindari cyber attack.

Ciptakan jaringan ‘tamu’

Wi-Fi dapat digunakan dan terkoneksi dengan beberapa perangkat yang digunakan oleh orang lain. Lebih baik untuk Anda membuat ruang jaringan lain yang dapat diakses oleh tamu tanpa dapat mengakses data Anda.

Ganti password

Penting untuk memilih kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak, tapi Anda juga perlu memastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap perangkat. Jika hacker dapat menemukan kata sandi pada perangkat satu, biasanya mereka akan mencoba pada perangkat yang lainnya. Selain itu, jangan menggunakan kata sandi yang pernah digunakan.

Menjaga setiap perangkat

Virus, spyware, malware, dan ransomware, dapat meresap melalui setiap IoT Anda dan menginfeksi smartphone, tablet, komputer dan perangkat Anda lainnya. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memasang perangkat keamanan pada perangkat untuk menjaga dan melindungi data yang ada di dalamnya agar tetap aman. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
internet of things,
#
tips keamanan digital,
#
tips privasi internet