MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Praktis Menyimpan Dokumen Online Dengan Format PDF

MAR 14, 2021@17:00 WIB | 166 Views

Dengan begitu banyak orang yang bekerja dari rumah, maka PDF menjadi file dokumen digital yang seringkali digunakan untuk dikirim.

Jika Anda belum familiar dengan format ini, PDF merupakan portable document format yang diciptakan Adobe pada awal 90-an untuk memudahkan orang-orang untuk menciptakan dokumen versi digital. Ide ini muncul untuk menyalin dokumen asli yang tidak dapat diubah (walau kini ada beberapa PDF yang bisa diedit, Anda juga dapat membuat PDF yang tidak bisa diubah).

Anda dapat membuat PDF dari dokumen hard copy dengan scan (memindai) dan menyimpannya dalam format PDF. Tetapi bagaimana jika Anda melihat dokumen online dan Anda perlu menyimpannya sebagai PDF?

Caranya sangat simpel dan sama untuk pengguna Mac maupun Windows PC. Petunjuk ini untuk mencetak dokumen web menggunakan browser Chrome, tetapi juga berfungsi untuk aplikasi apapun yang memiliki fungsi cetak (print).

1. Buka halaman yang ingin Anda simpan

2. Klik tiga dots yang ada di kanan atas

3. Pilih ‘Print’

4. Bagian print akan muncul dengan bagian preview pada kiri dan bagian fitur pada kanan. Pada bagian ‘Destination’ klik dan pilih menu ‘Save as PDF’

5. Jika Anda memiliki berbagai halaman dokumen dan ingin membuat PDF hanya menggunakan halaman tertentu, maka Anda bisa klik menu drop down di samping ‘Pages’ lalu pilih ‘Custom’ dan ketik halaman berapa yang ingin Anda simpan.

Perhatikan bahwa saat Anda mencetak halaman web ke PDF, Anda akan mencetak seluruh halaman. Jadi pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu di kotak preview halaman yang Anda inginkan yang tercetak atau tersimpan. [geo/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara simpan format pdf,
#
cara buat pdf,
#
tips pdf

RELATED ARTICLE