MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Mengubah Kualitas Video YouTube di Ponsel, TV, dan Laptop

JUL 02, 2019@13:39 WIB | 0 Views

Terkadang kita merasa kesal atau frustrasi di saat sedang mendengar lagu kesukaan kita di YouTube tidak cukup cepat atau terputus-putus dan saat menonton film atau video musik di YouTube tampilannya begitu rapuh atau kurang tajam. Kutukan YouTube sepertinya masih memunculkan kualitas tampilan yang tidak selalu sama di antara video. Namun untungnya kita dapat mengubah pengaturan tampilan di YouTube yang dapat membuatnya loading (memuat) lebih cepat atau memutar ulang dengan gambar yang lebih tajam.

Video bisa loading lebih cepat jika kita memilih resolusi yang lebih rendah, dan terlihat lebih baik jika memilih yang lebih tinggi. Secara umum kita mungkin ingin video terlihat sebaik mungkin, tetapi dalam beberapa kasus, misalnya, jika kita menggunakan Wi-Fi yang lambat atau koneksi sel di mana ingin menghemat data, resolusi yang lebih rendah adalah pilihan yang lebih baik.

YouTube memberi kita opsi untuk mengubah pengaturan tampilan di semua perangkat, termasuk ponsel, TV, dan komputer/laptop kita. YouTube mengingatkan pengaturan itu untuk kali berikutnya, yang mungkin membantu membuat video berjalan lebih lancar ketika kita menyalakannya di sesi berikutnya.

Mengubah Kualitas Video YouTube di Ponsel

YouTube adalah pilihan untuk video, tetapi juga bagus untuk memutar musik - seperti video musik resmi atau daftar putar. Katakan, misalnya, Anda menggunakan ponsel Anda untuk mendengarkan musik YouTube saat mengemudi (pastikan Anda menyesuaikan pengaturan sebelum masuk ke mobil Anda!), Atau berjalan, pulang-pergi - sebut saja. Ini adalah skenario di mana Anda ingin waktu loading yang lebih cepat dan dapat menangani resolusi yang lebih rendah. Kiat ini juga berlaku untuk YouTube TV, layanan berlangganan YouTube untuk menonton TV langsung tanpa kabel. YouTube Music, aplikasi streaming musik dari YouTube, dapat disesuaikan dengan kilobit per detik.

Jika Anda menonton video di ponsel saat bepergian, gunakan metode yang sama untuk meningkatkan resolusi streaming - meskipun harus tetap memperhatikan kualitasnya. Jika layanan seluler Anda tampaknya lemah, misalnya, atau Anda sedang mengurus data Anda, Anda mungkin perlu turun ke resolusi yang lebih rendah.

1. Setelah Anda memilih video yang ingin Anda streaming (untuk tujuan mendengarkan), ketuk tiga titik putih di sudut kanan atas.

2. Pilih Kualitas (Quality) dari daftar (list).

3. Pilih kualitas yang ingin Anda lihat. Pilihan berkisar dari 144p untuk resolusi lebih rendah hingga 2160p (4K) untuk resolusi lebih tinggi, tergantung pada video yang Anda tonton.

Jika Anda hanya mendengarkan musik dan tidak menonton video, pilih pengaturan yang lebih rendah sehingga akan loading lebih cepat. Jika Anda menonton video, pilih resolusi yang lebih tinggi sehingga Anda mendapatkan pengalaman menonton terbaik. Selain itu, jika Anda memilih video dalam 1080p, tetapi video berikutnya yang Anda tonton tidak menawarkan kualitas itu, video akan kembali ke pengaturan tertinggi berikutnya.

Menjadikan Video YouTube Lebih Jelas di TV

Ini merupakan bahasan bagi Anda yang suka menonton di TV Smart, terutama streaming video di Youtube. Dan Anda ingin kualitasnya tajam. Berikut cara memilih resolusi terbaiknya.

1. Saat menonton video di aplikasi YouTube untuk TV Smart, pilih tiga titik putih yang bertuliskan More di sudut kiri bawah.

2. Pilih Kualitas (Quality).

3. Pilih opsi kualitas video. Sekali lagi, kualitas berkisar dari 144p (res rendah) hingga 2160p (ini adalah kualitas 4K, yang merupakan res sangat tinggi). Anda ingin memilih resolusi yang lebih tinggi untuk gambar yang lebih jelas.

Mengubah Resolusi Video di Laptop

Bila Anda memiliki koneksi yang kuat melalui Wi-Fi atau kabel ethernet, video beresolusi lebih tinggi akan menjadi cara untuk menontonnya di YouTube atau aplikasi lainnya. Itu juga  mungkin tidak menjadi masalah jika Anda hotspot ponsel Anda atau jika Anda berada di kafe atau perpustakaan dengan Wi-Fi lambat atau spottier.

1. Pada layar video, pilih alat pengaturan yang terlihat seperti roda gigi.

2. Klik Kualitas (Quality).

3. Pilih opsi kualitas. Sekali lagi, jika Anda hanya mendengarkan, pengaturan kualitas bisa lebih rendah.

Demikianlah tips mengubah kualitas video YouTube di Ponsel, TV, dan Laptop. Semoga bermanfaat!

Tags :

#
video youtube,
#
mengubah kualitas video youtube,
#
blacktips