MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Buka dan Buat ZIP di Android

OCT 17, 2018@19:00 WIB | 769 Views

Sistem operasi Android yang banyak diadopsi smartphone saat ini menjadikan platform ini populer. Banyak hal bisa dilakukan dalam sebuah ponsel pintar, termasuk mengelola file. Sayangnya, tidak semua jenis file yang bisa dikelola oleh sistem operasi ini.

Di Android, Anda tidak akan bisa mengakses file ZIP secara default. Perlu adanya bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut. Untuk itu, Blackxperience akan menjabarkan langkah untuk membuat dan membuka file ZIP di Android.

  • Download aplikasi RAR

(Unduh aplikasi RAR dari Google Play Store)

Pertama Anda harus mengunduh aplikasi RAR dari Google Play Store. Buka Play Store kemudian ketik “RAR” (tanpa tanda petik) pada kolom pencarian. Kami menyarankan aplikasi bernama RAR yang dikembangkan oleh RARLAB. Unduh aplikasi tersebut.

  • Cara buka file ZIP

(Tahapan membuka fil eekstensi ZIP atau RAR)

Selanjutnya buka aplikasi RAR dan temukan file yang akan Anda ekstrak. Ketuk kotak yang berada di sebelah kanan file tersebut. Seketika akan muncul tanda centang. Selanjutnya, di layar bagian atas Anda akan mendapati tiga ikon. Pilih ikon yang berada di tengah (dengan bentuk tanda panah ke atas). Ketuk OK jika Anda sudah selesai.

Selanjutnya buka File Manager dan cari file yang baru saja Anda ekstrak.

  • Cara buat file ZIP

(Buat file ekstensi ZIP dengan mudah)

Setali tiga uang, langkah pembuatan file ZIP juga dapat dilakukan dengan mudah. Buka aplikasi RAR di ponsel Anda, kemudian pilih file apa saja yang akan Anda kompres menjadi satu. Ketuk kotak di sebelah kanan barisan file tersebut. Kemudian, akses ikon yang berada di paling kiri di layar bagian atas. Pilih ekstensi ZIP.

Sekarang Anda dapat dengan mudah mengakses file ZIP langsung dari ponsel Anda. Jika perlu, pindahkan file yang sudah Anda ekstrak atau buat ke penyimpanan eksternal. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
android,
#
rar,
#
zip