MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Buat File Zip yang Dilindungi Kata Sandi di macOS

JUN 30, 2020@14:05 WIB | 102 Views

Bagi para pengguna macOS yang berisi data atau informasi penting apalagi sensitif sebaiknya disimpan secara aman pada file zip. Maka buatkanlah pelindung dengan cara memberikan pasword atau kata sandi untuk membuka file zip yang sudah terkompresi di macOS.

Membuat proteksi dengan cara menyandi file zip sangat dibutuhkan. Karena kerahasiaan data/informasi sensitif dan penting merupakan data berharga. Jika Anda belum menyandi file zip di macOS Anda, sekarang waktu yang tepat untuk membuatnya. Nah, berikut cara membuat file Zip yang dilindungi kata sandi di macOS asli.

Siapkan File.

Cara kerja kompresi atau pemadatan dan membuka file di macOS sangat mudah dilakukan. Akan tetapi untuk membuat file zip yang dilindungan password atau kata sandi pada Mac mungkin butuh lebih banyak waktu dari pada sekadar klik kada file. Pada dasarnya, kendati macOS support untuk file terkompresi yang dilndungi password alamiah tanpa program atau aplikasi tambahan, Anda tetap mesti pakai terminal di macOS.

Untuk itu, sebab kita akan menggunakan aplikasi terminal asli di macOS, maka direkomendasikan untuk Anda supaya membuat kompresi file sesederhana mungkin untuk menghindari perintah yang panjang.  Jadi, jika Anda memiliki banyak file untuk dikompresi dan dilindungi kata sandi, Anda dapat mengaturnya menjadi satu folder menggunakan Finder.

1. Buka Finder.

2. Klik pilihan di jendela Finder dan klik “New Folder

3. Rename folder, sebaiknya pakailah nama folder tanpa spasi karena akan membuat perintah terminal lebih mudah nantinya.

4.  Seret dan jatuhkan file sensitif ke folder baru.

Setelah Anda memiliki file di folder yang baru dibuat, sekarang Anda akan melakukan kompresi dan membuat kata sandi pelindung file (sensitif). Perhatikan bahwa jika Anda mengirim file melalui email, sebagian besar penyedia email memiliki batasan ukuran lampiran. Kedua, beberapa perusahaan melarang penerimaan file terkompresi melalui email karena orang tidak sengaja membuka malware dan karena itu, lampiran Anda mungkin dilucuti dan server email. Sampai di sini, bisa jadi Anda memerlukan metode lain untuk mentransfer file Anda seperti melalui Dropbox.

Terminal

Karena Finder tidak memiliki opsi perlindungan kata sandi asli, kita harus masuk lebih dalam ke sistem macOS dan meluruskan jendela terminal.

1. Gunakan Spotlight, ketikkan di terminal.

2. Ubah direktori Anda ke lokasi folder Anda. Sebagai contoh, saya akan mengetik cd / Volume / dataMAC dan tekan enter.

3. Ketik “ls” untuk memastikan Anda melihat folder Anda.

4. Sekarang ketikkan perintah yang secara bersamaan akan memampatkan dan melindungi kata sandi file dalam bentuk zip -er FILENAME.zip FILESatauFOLDERSuntukCOMPRESS.

5. Contoh ini merupakan zip -er Mytaxes.zip ForTaxes /.

6. Tekan return / enter.

7.  Selanjutnya, Anda akan diminta memakai kata sandi. Ketikkan kata sandi yang ingin digunakan untuk melindungi file. Masukkan kata sandi dua kali.

8. Sekarang Anda melihat file zip terkompresi dan dilindungi kata sandi di Finder.

9. Anda dapat menguji perlindungan dengan mengklik dua kali file tersebut.

10. Masukkan kata sandi yang diterapkan.

11. File tersebut akan dikompres ke dalam direktori yang sama.

Epilog

Kompresi dan proteksi kata sandi ini merupakan pengecualian bagi sistem operasi desktop sehingga Anda dapat mengirimkannya ke pengguna Window, pengguna Linux dan tentu saja pengguna Mac. Ini merupakan satu rekomendasi yang bisa BlackPals aplikasikan. [asl/timBX]

Tags :

#
password file zip,
#
file zip macos,
#
cara melindungi data

RELATED ARTICLE