MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menonaktifkan Auto Download Media di Whatsapp

SEP 16, 2019@13:13 WIB | 458 Views

Menggunakan Aplikasi pengirim pesan seperti Line, BBM, WeChat, Whatsapp, dll, membuat kegiatan komunikasi menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Kita dapat langsung mengirim berbagai jenis file seperti suara yang kita rekam sendiri selain itu juga gambar dan video menarik. Namun kebanyakan orang tidak sadar jika aplikasi massenger seperti Whatsapp mengkonsumsi paket data yang cukup besar ketika proses men-download file tersebut.

Berjalannya waktu, banyak pengguna yang mengeluhkan storage di smartphone mereka penuh oleh kirim foto atau meme yang kurang menarik. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah sama dan ingin menghemat storage smartphone ada baiknya mengikuti tips singkat berikut ini.

1. Buka aplikasi Whatsapp

2. Pilih pengaturan yang berbentuk simbol titik tiga pada bagian kanan atas. Lalu, pilih 'Settings' atau 'Setelan'.

3. Pilih 'Data usage' atau 'Penggunaan data'.

4. Setelah memilih 'Data usage' atau 'Penggunaan data' maka akan muncul pilihan media auto download.

5. Pada tampilan tersebut diberi pilihan tiga kondisi, yang pertama ketika menggunakan mobile data, yang kedua ketika menggunakan jaringan Wi-Fi, dan yang ketiga ketika sedang roaming.

6. Kamu bisa klik masing-masing kondisi tersebut dan hilangkan tanda centang apabila ingin WhatsApp tidak mengunduh secara otomatis.

7. Setelah tanda centang hilang lalu klik 'Ok'.

8. Nah, apabila kamu mendapatkan pesan berupa gambar, video, suara, atau dokumen, pesan tersebut tidak akan secara otomatis terunduh.

9. Kamu bisa memilih kira-kira mana media yang akan diunduh.

Bagi kamu yang memakai perangkat iOS cara untuk mematikan fitur auto-download di WhatsApp tidak terlalu beda. Di iOS, kamu hanya perlu ke Settings>Data and storage usage. Klik Photos dan pilih Never saat opsi muncul untuk menghentikan fitur unduhan otomatis. Informasi, kamu dapat menghilangkan centang di sebelah Videos, Audio, dan Documents di masing-masing bagian untuk mencegah apa pun bentuk media yang dikirim untuk diunduh ke smartphone. Setelah melakukan tips di atas, tidak akan ada foto atau video yang diunduh secara otomatis. Untuk menyimpan foto ke perangkat, kamu hanya perlu klik ikok download di tengah gambar saat menerimanya.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
whatsapp,
#
auto download,
#
setting wa,
#
blacktips