MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghubungkan Pengontrol PS5 ke PC

MAR 13, 2021@08:00 WIB | 180 Views

Penggemar game konsol pasti akan riang gembira mengetahui bahwa kini telah diluncukran pengontrol DualSense PlayStation 5, yang didesain dengan menambahkan umpan balik haptik untuk konsol baru Sony.

Apa asiknya dengan pengontrol baru ini? Tentu saja pengontrol ini akan memberikan efek dan pengalaman bermain game seperti Astro's Playroom yang lebih seru.

Untuk mendapatkan pengalaman yang seru itu, pengguna harus mendapatkan lebih banyak manfaat dari DualSense. Caranya adalah dengan menyambungkan pengontrol PS5 ke PC. Caranya? Ikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

Cara menghubungkan pengontrol PS5 ke PC dengan USB

Selain paling mudah bagi kebanyakan orang, menghubungkan pengontrol PS5 ke PC dengan kabel USB juga tak beresiko menguras baterai DualSense selama sesi bermain.

Caranya pun sederhana, yakni cukup sambungkan DualSense ke kabel USB-C ke USB-A (seperti yang disertakan dengan PS5), dan hubungkan ujung lainnya ke PC Anda. Tetapi jika PC Anda memiliki port USB-C, Anda juga dapat menggunakan kabel USB-C biasa.

Cara menghubungkan pengontrol PS5 ke PC dengan Bluetooth

Selain dengan USB, jika komputer Anda memiliki Bluetooth internal atau Anda punya adaptor Bluetooth terpisah, maka pengontrol PS5 juga dapat dihubungkan DualSense secara nirkabel.

Caranya, tahan tombol PS dan tombol Buat di DualSense. Kemudian dari PC Anda, navigasikan ke menu Bluetooth & Perangkat Lain – lalu klik Tambah Bluetooth atau perangkat lain, lalu pilih opsi Bluetooth.

Ketika sudah terkoneksi maka pengontrol PS5 akan muncul sebagai Pengontrol Nirkabel di menu.

Cara menggunakan pengontrol PS5 di PC dengan Steam

Untuk cara yang satu ini, pengguna akan menggunakan Valve untuk menambahkan dukungan DualSense terbatas ke Steam sesaat setelah PS5 dirilis. Saat ini setiap game di Steam dengan dukungan pengontrol dapat dimainkan dengan DualSense.

Namun, jika Steam tidak mengenali pengontrol Anda, atau jika Anda ingin mengubah pengaturannya secara manual, Anda dapat melakukannya sendiri.

Cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengkonfigurasi DualSense dengan Steam, adalah cukup buka Steam dengan pengontrol terhubung dan arahkan ke menu Pengontrol di bawah Pengaturan. Lalu buka Pengaturan Pengontrol Umum dan temukan pengontrol PS5 Anda,kemudian lakukan konfigurasi setiap tombol.

Jika pengontrol PS5 Anda tidak berfungsi dengan game di luar Steam, maka klik Game di bilah alat atas, lalu Tambahkan Game Non-Steam ke Perpustakaan Saya.

Silahkan pilih cara yang sesuai untuk Anda. Selamat mencoba! [eli/asl/timBX]

Tags :

#
game konsol,
#
tips gaming,
#
pengontrol dualsense playstation 5,
#
ps5

RELATED ARTICLE