MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghapus Riwayat YouTube Anda Secara Otomatis

OCT 08, 2019@15:22 WIB | 131 Views

Sekarang ini privasi online telah menjadi masalah utama. Akibatnya, semakin banyak layanan menambahkan fitur yang berbicara tentang masalah privasi penggunanya. Jika Anda seorang penampil YouTube, salah satu dari kekhawatiran ini mungkin adalah riwayat penayangan Anda, yang dapat memberi tahu pemasar dan pihak ketiga lainnya lebih banyak tentang Anda daripada yang mungkin ingin mereka ketahui.

Salah satu cara untuk mencegah hal semacam itu adalah dengan menghapus history itu. Meskipun sebelumnya Anda dapat menghapus riwayat secara manual, Google baru-baru ini membuat prosesnya otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi mengingatkan diri untuk melakukan tugas secara teratur. Untuk mengatur akun YouTube Anda untuk secara otomatis menghapus riwayat Anda:

Buka kontrol Aktivitas untuk riwayat YouTube Anda atau dapat memulai dari halaman akun Google utama Anda. Temukan dan klik pada tab "Data & personalisasi", lalu "Riwayat YouTube"> "Kelola aktivitas" (“Data & personalizations” >“YouTube history” >“Manage activity”).

Di bawah Riwayat YouTube, Anda akan melihat dua kotak. Kotak di sebelah kanan membantu Anda menentukan apakah dan kapan riwayat menonton dan penelusuran YouTube Anda akan dihapus. Jika Anda belum pernah ke halaman ini sebelumnya, akan tertulis "Lanjutkan aktivitas sampai Anda menghapus secara manual". Lalu klik tepat di bawah tulisan, pada tautan yang bertuliskan "Pilih untuk menghapus secara otomatis".

Anda dapat memilih agar Google menghapus riwayat YouTube Anda setelah tiga bulan atau setelah 18 bulan. Klik opsi yang Anda inginkan.

Lalu konfirmasikanlah preferensi Anda. Google akan memberi tahu Anda pada titik ini jika Anda memiliki sesuatu yang akan segera dihapus (karena ini lebih dari tiga atau 18 bulan).

Selesai sudah.

Namun apabila Anda lebih suka menyederhanakan dan tidak menyimpan riwayat sama sekali, Anda dapat melakukannya juga. Mulai dari halaman history YouTube dan lihat kotak kiri yang akan mengatakan apakah riwayat YouTube Anda hidup atau mati. Jika aktif dan ingin dimatikan:

Kliklah pada "Ubah pengaturan" (“Change setting”)

Anda akan melihat dua kotak centang, satu yang mengatakan "Sertakan video YouTube yang Anda tonton" dan yang lain yang mengatakan "Sertakan pencarian Anda di YouTube." Jika Anda tidak mencentang juga, Anda akan menjeda koleksi history tertentu.

Jika Anda ingin menjeda keduanya, pindahkan sakelar di atas mereka ke posisi "mati (off)".

Terakhir, jika Anda ingin menyingkirkan seluruh riwayat tontonan Anda sekarang:

Pada halaman Riwayat YouTube, klik pada tiga titik di sisi kanan kotak pencarian teratas.

Klik tautan “Delete activity by”

Hapus aktivitas Anda selama satu jam terakhir, hari terakhir, sepanjang masa, atau dalam rentang kustom. Ada juga tautan yang akan membawa Anda ke pilihan penghapusan otomatis yang sama seperti yang kami jelaskan sebelumnya.[inn/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
history youtube,
#
fitur keamanan