MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengetahui Apakah Akun Facebook Dihack atau Tidak

OCT 15, 2018@19:00 WIB | 177 Views

(Facebook kembali kebobolan)

Facebook kembali diterpa isu miring. Beberapa waktu lalu, data Facebook kembali diretas. Akibatnya, data 29 juta pengguna Facebook berhasil diintip oleh hacker. Data tersebut termasuk nama akun dan info kontak di dalamnya, dan dalam beberapa kasus, termasuk pula agama, lokasi, dan data sensitif lainnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Facebook menawarkan cara untuk mengetahui apakah akun Anda termasuk dari 29 juta akun yang datanya berhasil diintip oleh hacker. Cara mengetahuinya adalah dengan mengunjungi menu Help Center di Facebook.

Berikut ini Blackxperience akan tampil cara mengetahui apakah akun Facebook di-hack atau tidak.

  • Buka Facebook

Pertama-tama, Anda harus membuka akun Facebook Anda. Disarankan untuk membuka akun tersebut melalui browser pada komputer atau laptop.

  • Akses Help Center Facebook

Setelah membuka akun, silakan akses pusat bantuan Facebook. Untuk mudahnya, Anda dapat mengakses Facebook Help Center di sini. Anda akan langsung dibawa ke halaman security notice oleh Facebook.

(Facebook akan memberitahu apakah data dalam akun Anda berhasil diintip)

Nah, di sinilah informasi mengenai status akun Anda akan ditampilkan. Gulung layar ke bawah, persisnya setelah kronologis peretasan data yang telah terjadi di Facebook. Nah, Facebook akan langsung memberitahu apakah data dalam akun Anda berhasil diambil.

Jika tidak, berarti Anda aman. Jika ternyata berhasil diretas, Facebook juga memberitahu informasi apa saja yang berhasil diambil dari akun Anda.

(Seandainya data Anda berhasil dilihat, Facebook akan memberitahukan data apa saja yang berhasil dilihat oleh hacker)

Perlu diperhatikan, jika ternyata password atau informasi sensitif mengenai legalitas akun Anda berhasil diambil, ada baiknya Anda langsung mengganti password Facebook Anda. Pastikan juga Anda mengganti password setiap akun yang terhubung dengan Facebook Anda, misalnya email. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
facebook,
#
breach,
#
hack