MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengekspor Kata Sandi Dengan LastPass

APR 05, 2021@14:00 WIB | 68 Views

Berbagai metode keamanan terus bermunculan seiring dengan semakin banyaknya kasus peretasan terhadap perangkat pintar di dunia ini. Sebagaimana halnya dengan LastPass, salah satu dari banyak pengelola kata sandi yang sangat populer,karena dapat digunakan hampir tanpa batas secara gratis.

Meski tersedia untuk versi berbayar, namun jika pengguna hanya membutuhkan untuk menyimpan kata sandi, maka versi gratis pun sudah cukup.

Sayangnya, versi gratis itu tak selamanya. Baru-baru ini LastPass memutuskan untuk mengubah ketentuan gratisnya hanya untuk satu jenis perangkat saja. Jadi, ketika pengguna ingin menerapkan LastPassdi ponsel dan komputer, maka harus beralih ke versi berbayar.

Bahkan jika pengguna tidak segera beralih, maka LastPass hanya memberi sedikit waktu sampai akhirnya mereka mengunci, dan pengguna sudah tidak dapat menentukan pilihan lagi.

Masalahnya adalah, bagaimana jika pengguna tak ingin layanan berbayar dan memutuskan untuk menggunakan layanan berbeda? Yang harus dilakukan pengguna adalah harus mengekspor kata sandi LastPasske layanan manajemen kata sandi baru.

Berikut cara-cara mengekspor Kata Sandi LastPass:

1. Klik pada ekstensi LastPass di browser Anda

2. Klik Opsi Akun> Lanjutan

3. Buka Ekspor> File CSV LastPass

4. Masukkan Kata Sandi Master LastPass Anda dan klik Lanjutkan

5. Kata sandi Anda sekarang akan diunduh sebagai file CSV

Penting untuk diketahui bahwa file CSV yang telah unduh tidak sepenuhnya aman. Sehingga ketika ada pihak lain yang memiliki akses ke komputer tersebut tentu dapat membukanya. Agar ini tak terjadi, maka penggunaharus mengunduh file CSV itu ke perangkat pribadi dan mengimpornya ke pengelola kata sandi yang baru.

Haruskah Menggunakan Pengelola Kata Sandi?

Ketika kata sandi diretas, maka inilah awal masalah besar. Untuk mengurangi kemungkinan peretasan maka disinilah fungsi penting dari alat yang disebut pengelola kata sandi.

Ada banyak pilihan pengelola kata sandi sebagai alternatif dari Lastpass. Berikut daftar pilihannya:

1Password

- Tingkatan gratis? Tidak

- Tingkatan berbayar? Ya – mulai dari $ 2,99 sebulan (ditagih setiap tahun) dan dilengkapi dengan penyimpanan kata sandi tak terbatas, penyimpanan dokumen 1GB, riwayat item 365 hari untuk memulihkan kata sandi yang dihapus, dan 2FA.

Bitwarden

- Tingkatan gratis? Iya

- Tingkatan berbayar? Ya – mulai dari $ 10 setahun dan dilengkapi dengan dukungan untuk lampiran terenkripsi 1GB dan kunci keamanan seperti YubiKey, U2F, dan Duo.

Dashlane

- Tingkatan gratis? Iya

- Tingkatan berbayar? Ya - mulai dari $ 39,99 setahun yang mencakup penyimpanan kata sandi tak terbatas dan dukungan untuk banyak perangkat, VPN, pemantauan web gelap, dan sebagainya.

KeePass

- Tingkatan gratis? Ya - sumber terbuka, alat pembuat kata sandi, dukungan untuk grup kata sandi, dapat mengimpor kata sandi dari berbagai format file.

- Tingkatan berbayar? Tidak - sepenuhnya gratis.

NordPass

- Tingkatan gratis? Iya

- Tingkatan berbayar? Ya - mulai dari $ 2,49 sebulan dan dilengkapi dengan kata sandi tak terbatas, penyimpanan nomor kartu kredit, dukungan hingga 6 perangkat, pemindai pelanggaran data, dan penggunaan offline. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara mengekspor password,
#
lastpass,
#
tips password,
#
keamanan kata sandi