MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengatur Hidup Anda Agar Menjadi Lebih Terorganisir (Part 1)

JUL 15, 2021@19:00 WIB | 162 Views

Apakah Anda ingin tahu bagaimana mengatur hidup Anda? Dan menjadi lebih terorganisir. Tentu itu semua butuh waktu. Tapi Anda harus tahu Ini tentang menghabiskan waktu sehingga Anda dapat menghemat waktu di kemudian hari.

Mengatur hidup Anda dengan langkah-langkah tertentu. Langkah-langkah ini tidak hanya mendukung kebiasaan baik Anda saja, tetapi juga kebiasaan yang menyiapkan Anda untuk sukses.

Jadi mari kita uraikan langkah-langkah ini.

1. Buat Komitmen Harian Kecil

Ketika berbicara tentang berkomitmen, maksud adalah dengan mengambil tindakan yang memungkinkan Anda berlatih menjadi pria yang Anda kenal.

Buatlah komitmen harian kecil. Tetap pada rutinitas pagi yang melibatkan bangun dengan jam alarm nyata (bukan alarm di ponsel), minum kopi, membuat sarapan atau pergi ke gym sebelum bekerja.

Komitmen mengarah pada tindakan.

Jika ada satu kebiasaan yang membuat Anda jadi pribadi yang lebih baik adalah menghabiskan waktu di lingkungan baru, seperti kedai kopi atau taman lokal atau di mana Anda dapat merenungkan hidup Anda selama ini.

Pastikan hidup Anda berjalan ke arah yang benar dengan mengambil kesempatan untuk merenung dan berpikir. Ini harus menjadi komitmen harian, mingguan, dan bulanan.

2. Atur Prioritas Anda

Berapa kali Anda membuat daftar tugas? Anda mungkin kehilangan hitungan.

Tapi berapa kali Anda benar-benar menulisnya dalam urutan prioritas? Nah, orang-orang yang paling baik mengatur hidup mereka adalah mereka yang memprioritaskan prioritas.

Ambil kalender yang sebenarnya. Ya, kalender fisik daripada yang ada di ponsel atau komputer Anda, dan cari tahu prioritas utama Anda. Tidak peduli apa yang mungkin Anda rasakan tentang satu tugas atau lainnya, beberapa hal selalu lebih penting daripada yang lain.

Terkadang daftar tugas Anda harus lebih besar dari daftar tugas Anda.

Beberapa hal memerlukan tindakan segera (seperti janji dengan dokter) sementara hal lain dapat menunggu (seperti menonton serial Netflix yang dibicarakan semua orang).

Berjuang untuk memprioritaskan dan fokus? Kamu tidak sendiri. Matriks Eisenhower, juga dikenal sebagai Urgent-Important Matrix, adalah prinsip pengambilan keputusan dan alat produktivitas yang membantu memprioritaskan banyak tugas Anda. Unduh matriks prioritas kami sekarang.

3. Belajar Menjadi Produktif

Ini mungkin terdengar aneh: orang yang paling produktif belum tentu mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini lebih karena mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Tapi bagaimana bisa?

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut untuk Anda agar dapat menyelesaikan tugas Anda dengan efisien dan membagikan kunci produktivitas dalam, Productivity Masterclass: Create a Custom System that Works.

- Kelola tugas Anda

- Siapkan kalender yang bermanfaat

- Buat catatan dengan benar

- Atur file digital Anda

- Atur file fisik Anda

Tidak peduli apa profesi Anda poin-poin ini dapat memberi Anda beberapa panduan yang sangat dibutuhkan untuk berhasil mengatur hidup Anda di dalam dan di luar kantor.

4. Kenali North Star Anda

Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana Anda ingin diingat ketika hidup Anda berakhir?

Kata-kata dan cerita apa yang akan dibagikan di pemakaman Anda? Akankah teman dan anggota keluarga berbicara tentang kebaikan Anda, kerja keras Anda, ketersediaan Anda kapan pun mereka membutuhkan Anda? Itulah sebabnya sedini sekarang, Anda harus mengetahui orang seperti apa yang Anda inginkan untuk jangka panjang.

Buat pernyataan misi Anda.

Pernyataan misi sangat penting jika Anda benar-benar ingin mengatur hidup Anda. Mengapa? Ini menyederhanakan banyak hal. Membangun pernyataan misi memberi Anda fokus yang lebih cerah dan lebih presisi pada apa yang Anda inginkan dalam hidup.

Ketika Anda tidak memiliki pernyataan misi untuk Anda sendiri, Anda akan hidup seperti sedang memotret dalam kegelapan. Hidup tanpa tujuan yang jelas. Tidak ada target untuk apa pun yang ingin Anda capai. Anda pada dasarnya terjebak menanggapi hal-hal berdasarkan pola dan rutinitas.

Pernyataan misi membantu Anda fokus pada apa yang benar-benar Anda inginkan dari kehidupan.

Berikan waktu untuk memikirkan apa yang Anda inginkan dari hidup ini. Apa yang penting bagi Anda? Apa yang tidak? Sering kali, kita harus mengidentifikasi apa yang TIDAK Anda inginkan, atau tidak lagi Anda inginkan. Untuk lebih memahami apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup kita.

Setelah itu, Anda dapat mengatur pernyataan misi itu sebagai latar belakang ponsel dan komputer Anda, atau Anda dapat mencetaknya dan menyimpannya di suatu tempat yang terlihat jelas di meja kantor Anda. Percayalah padaku dalam hal ini.

Tetapkan tujuanmu.

Seiring dengan pernyataan misi yang sudah Anda tentukan, Anda tidak dapat maju dalam hidup tanpa menetapkan tujuan yang berbeda. Ini adalah pertempuran yang perlu Anda taklukkan sehingga pada akhirnya Anda akan memenangkan perang. Jadi, pisahkan tujuan Anda ke dalam kategori berikut: kesehatan, pengembangan pribadi, keuangan, dan pengembangan profesional.

Untuk setiap kategori, buat catatan tentang tujuan yang ingin Anda capai dalam lima tahun, satu tahun, waktu satu bulan, waktu seminggu, dan bahkan setiap hari. Petakan target ini dalam spreadsheet sederhana. Kemudian seiring waktu Anda harus menganalisis kemajuan Anda dan mengubahnya di tempat yang sesuai.

5. Katakan “Iya” Atau “Tidak” Untuk Sesuatu

Dengan North Star Anda yang sudah ditentukan, sekarang Anda benar-benar dapat mulai menuju ke jalan yang benar. Sekaranglah waktunya untuk dengan kejam melewati dan memotong hal-hal yang hanya akan menghalangi Anda. Ini berarti mengatakan "tidak" lebih dari "ya", baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi Anda.

Terimalah bahwa Anda manusia.

Anda tidak dapat melakukan segalanya dengan harapan menyenangkan semua orang. Meskipun menyanjung memiliki orang lain yang menginginkan Anda untuk hal-hal yang penting bagi mereka, Anda harus mengingat keterbatasan Anda.

Jika Anda mengatakan ya untuk setiap proyek atau undangan makan malam, Anda berisiko mengacaukan diri sendiri. Anda dapat kehilangan waktu untuk hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda.

Entah itu "tidak" atau "ya" dan sejujurnya, Anda seharusnya hanya merespons dengan "iya" jika ada sesuatu yang sepadan dengan usaha Anda dan tidak akan mengacaukan hidup Anda.

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
agar menjadi lebih terorganisir,
#
tips lifestyle