MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menemukan dan Menghapus Riwayat Pencarian di Google Maps

AUG 14, 2018@19:00 WIB | 7,584 Views

Google Maps merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memberi navigasi arah tujuan yang diarahkan pengguna dan memberikan rute alternatif untuk menuju ke arah tujuan. Software yang pertama kali diluncurkan pada Februari 2005 ini sangat berguna sekali bagi pengguna yang ingin berpergian. Selain itu, Google Maps juga berisi tentang peta jalan, citra satelit, rute menuju tujuan dengan berjalan kaki, kendaraan, bahkan angkutan umum. Dilansir dari Associated Press (AP) yang bekerja sama dengan para peneliti dari Princeton, layanan Google Maps dan Search Engine Google merekam informasi dan lokasi dari pengguna. Dengan kata lain, seluruh hal-hal yang Anda cari di Search Engine Google dan kemana saja Anda bergerak sudah dicatat di dalam Google.

Cara agar lokasi pengguna tidak tercatat oleh Google Maps bisa diatasi dengan mematikan “Location Services” di pengaturan dan juga mematikan “Web App and Activity”. Nah, untuk menghapus riwayat lokasi riwayat lokasi Anda dari Google Maps, Anda bisa membuka halaman web myactivity.google.com. Kemudian pada bagian sisi kiri halaman, pilih “item view” untuk melihat apa yang telah direkam oleh Google. Pilih “maps” dari daftar untuk melihat data spesifik Anda di peta. Klik ikon hamburger yaitu ikon 3 garis yang ditumpuk di bilah pencarian, lalu “delete results” untuk menghapus riwayat Anda di Google Maps.

Untuk mengatasi Goggle Maps merekam lokasi Anda untuk waktu akan datang, bisa juga dilakukan dengan cara pastikan Anda telah mematikan “Location Services” dan “Web App and Activity” pada pengaturan. Dampak positif menghapus riwayat ini dan menghindari rekaman informasi pengguna oleh Google yaitu Google tidak akan menawarkan rekomendasi dari lokasi dikarenakan Google tidak mengetahui posisi Anda. Selain itu, dengan hal ini, informasi yang akan diketahui tentang pengguna akan menjadi terbatas.[Dea\TimBX]

Tags :

#
blacktips,
#
google,
#
maps,
#
history