MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menemukan Buku Online Terbaik

MAY 08, 2019@12:00 WIB | 86 Views

Internet dan perangkat seluler sudah semakin berkembang dan akan terus makin berkembang nantinya. Hal tersebut tentunya telah menghasilkan lebih banyak cara membaca daripada sebelumnya. Ini tentunya sangat bermanfaat juga bagi yang gemar sekali membaca buku hingga saat ini. Memang buku-buku fisik masih memiliki daya tarik yang sehat bagi beberapa pembaca, namun itu tidak selalu merupakan cara yang nyaman untuk mengkonsumsi sebuah cerita. Oleh sebab itulah, saat ini, banyak perangkat, aplikasi, situs web, dan toko online yang telah menawarkan novel dan bentuk fiksi lainnya (dan nonfiksi) kepada pembaca, dalam format mulai dari buku cetak hingga ebook, buku audio, dan platform eksperimental atau lebih simple-nya bisa disebut buku online. Lalu bagaimana cara kita untuk bisa menemukan buku online terbaik yang sangat ingin dibaca? Simak ringkasan caranya berikut ini: 

MAINSTREAM RETAILERS

Mari kita mulai dengan beberapa pengecer besar yang mungkin sudah Anda kenal, seperti Apple Books, Google Play Books, Amazon, Barnes and Noble, dan eBook Walmart, yang sebagian besar memiliki ekosistem aplikasi dan perangkat khusus. Itu merupakan retail buku online yang bisa kami rekomendasikan dari retailmainstream.

Perusahaan dan infrastruktur yang besar, seperti Amazon hadir dengan beberapa keuntungan kuat bagi pembaca. Etalase mereka sangatlah besar, dengan jutaan buku yang dapat Anda beli dengan mengklik tombol, dan segera membaca di perangkat atau aplikasi yang terkait. Sedangkan Barnes and Noble juga memiliki jejaknya sendiri, yang mencakup semuanya, mulai dari novel biasa hingga paket cerita pendek, serta dunia yang dinamis dari bahan bacaan yang diterbitkan sendiri. Beberapa perusahaan ini juga memiliki program khusus, seperti layanan berlangganan Kindle Unlimited Amazon, yang menawarkan akses ke kumpulan besar buku gratis yang dapat Anda pinjam. Dan Amazon juga memiliki perusahaan buku audio Audible yang terkenal. Kadang-kadang Anda juga dapat menemukan buku audio yang sangat diskon ketika Anda membeli edisi Kindle. Sejauh Edisi Kindle bisa menjadi pilihan untuk mencari buku online terbaik untuk mengisi waktu senggang bagi yang hobi membaca.

INDEPENDENT RETAILERS

Pengecer besar bukanlah yang terakhir dan semuanya dalam hal membeli buku online terbaik. Ada sejumlah layanan lain di luar sana yang dapat memfasilitasi kebiasaan pembelian buku Anda. Ini mungkin sangat menarik jika Anda tidak nyaman dengan jenis data yang dikumpulkan situs seperti Amazon pada pelanggan mereka, atau Anda hanya ingin mendukung toko buku lokal atau perusahaan independen Anda. Satu tempat untuk melihat adalah situs web penerbit, yang terkadang akan menjual e-book secara langsung kepada pembaca.

SCRIBD

Scribd awalnya diluncurkan sebagai platform untuk dokumen bersama, tetapi situs tersebut telah bergeser ke fokus membaca dalam berbagai bentuk. Selama bertahun-tahun, ia menawarkan perpustakaan buku, buku audio, dan novel grafis yang sangat besar, dengan pelanggan membayar 8,99 dolar Amerika/bulan untuk meminjam buku tanpa batas (dengan beberapa peringatan - jika mereka menemukan bahwa Anda menyalahgunakan sistem). Situs baru-baru ini mengumumkan bahwa ia memiliki lebih dari satu juta pelanggan yang membayar.

WEIGHTLESS BOOKS

Weightless Books adalah toko buku fiksi ilmiah online yang menjual ebooks bebas DRM, yang berarti Anda dapat membacanya di perangkat apa pun, termasuk smartphone. Buku online ini juga menyediakan berlangganan buku fiksi ilmiah dan majalah fantasi, seperti Lightspeed dan Clarkesworld.

NEWSLETTERS

Penerbit akan sering menjual ebook secara langsung kepada pembaca melalui situs web mereka, dan kadang-kadang, ada baiknya mendaftar untuk buletin mereka, seperti HarperCollins dan Simon& Schuster memberi Anda sebuah buku ketika Anda mendaftar. Kalau di Indonesia beberapa penerbit besar, seperti Gramedia, Mizan dan beberapa lainnya sudah memiliki rencana ini.

ORGANIZATIONS

Yang lain memberikan semuanya secara gratis: NASA memiliki portal e-book besar dengan buku-buku gratis yang menyelidiki sejarah dan misi agensi, sementara Pusat Sains dan Imajinasi Universitas Negeri Arizona memiliki perpustakaan antologi fiksi ilmiah masa depan yang dekat, seperti yang baru-baru ini dirilis The Weight of Light: Koleksi Solar Futures.

Terakhir, jika Anda mencari klasik yang lebih lama, ada situs-situs seperti Project Gutenberg, Open Library, dan Archive.org, yang meng-host edisi domain publik dari e-books dan dalam beberapa kasus edisi terbitan majalah.

Apabila Anda mencari bacaan yang sedikit lebih eksperimental, ada beberapa aplikasi di luar sana yang bermain dengan fiksi serial dan dongeng online. Salah satu penerbit yang menyediakan buku online-nya adalah Serial Box. Perusahaan ini terus merilis merek fiksi serialnya sendiri: cerita panjang novel yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan musim televisi daripada satu buku. Setiap cerita dipecah menjadi sekitar 15 angsuran (episode) yang menceritakan kisah mereka sendiri, yang secara kolektif membentuk busur cerita yang lebih besar selama satu musim. Baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Marvel untuk menghasilkan serangkaian serial yang menampilkan karakter Marvel. Anda dapat membeli dan membaca serial sebagai episode individual atau berdasarkan musim, baik online atau melalui aplikasi iOS dan Android perusahaan.

Perusahaan lain yang bereksperimen dengan serial dan fiksi online pendek adalah Radish. Aplikasi ini memiliki model yang sama dengan Serial Box, memberikan cerita bersambung dan orisinal melalui aplikasinya dalam berbagai genre, termasuk YA dan fantasi, tetapi lebih condong ke arah romansa dan erotika. Radish tersedia melalui aplikasi Android dan iOS, tidak ada antarmuka web.

SELF-PUBLISHED

Beberapa penulis akan menawarkan cerita mereka sendiri juga. Jika Anda melakukan sedikit riset, kadang-kadang Anda dapat menemukan contoh penulis terkenal yang telah membeli backlist mereka dari penerbit mereka, atau cukup menerbitkan sendiri sendiri terbaru mereka. Linda Nagata adalah orang yang datang ke pikiran; dia membuat cetakan penerbitannya sendiri untuk merilis judul baru. Selain itu, ada nama Karl Schroeder dan Cory Doctorow telah memasang beberapa buku mereka secara gratis atau bayar sesuai keinginan di situs mereka.

Suka fiksi pendek? Tahun lalu, Y Combinator mendukung startup baru bernama Curious Fictions, yang memungkinkan penulis untuk membuat profil dan mem-posting cerita mereka ke situs untuk dibaca pengguna. Pengguna dapat mengikuti dan berlangganan profil penulis, membaca atau mendengarkan cerita yang mereka unggah, dan mendukung mereka secara moneter. Penulis dapat menetapkan harga untuk cerita, dan dapat melacak statistik mereka untuk melihat tampilan, suka, dan pelanggan.

FAN FICTION

Ini memiliki sejarah panjang dan berbeda dalam fandom, dengan para penulis amatir, bercita-cita tinggi, dan bahkan profesional menulis versi mereka sendiri dari karakter dan dunia favorit mereka. Selain WattPad, Anda juga memiliki situs fiksi penggemar yang bersemangat seperti Archive of Our Own dan FanFiction, yang memiliki cerita dari hampir semua waralaba yang dapat Anda pikirkan.

Itulah cara menemukan buku online terbaik yang mungkin Anda butuhkan saat mengisi waktu senggang atau liburan Anda.

Tags :

#
blacktips,
#
cara mencari buku online,
#
buku bagus,
#
ebook