MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mematikan Update Otomatis di Google Play Store

OCT 10, 2018@19:00 WIB | 594 Views

(Mematikan auto-update Google Play Store bukan hal yang sulit)

Android hadir sebagai sebuah sistem operasi yang paling banyak penggunanya saat ini. Pasalnya platform ini disematkan pada banyak ponsel di seluruh dunia. Menariknya, ada banyak aplikasi, termasuk game-game menarik yang bisa dimainkan di platform Android.

Nah, untuk mengunduh aplikasi tersebut, Google menyediakan toko aplikasi khusus Android bernama Google Play Store. Sayangnya ada beberapa pengaturan yang justru bisa merepotkan, misalnya update aplikasi yang dilakukan secara otomatis.

Tanpa sadar, fitur ini akan menghabiskan kuota data serta memori ponsel Anda. Nah, kali ini Blackxperience akan menyajikan cara mematikan update otomatis di Google Play Store. Simak langkahnya berikut ini!

Buka Google Play Store

(Buka Google Play Store dan akses Settings)

Langkah pertama, buka Google Play Store di ponsel Android Anda. Perlu diketahui, secara default, Google memberlakukan update otomatis setiap aplikasi. Nah, fitur inilah yang harus Anda non-aktifkan.

Setelah masuk halaman muka Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar. Anda juga bisa melakukan swipe dari pojok kiri layar ke arah kanan. Nantinya akan keluar berbagai menu. Gulung deretan menu ke bawah hingga Anda menemukan Settings. Ketuk menu Settings.

Auto-update apps

(Matikan auto-update aplikasi)

Di dalam menu Settings, Anda akan dihadapkan pada banyak opsi. Di urutan ketiga, Anda akan melihat opsi Auto-update apps. Ketuk opsi tersebut untuk memunculkan kotak dialog kecil.

Nah, ada tiga pilihan dalam kotak dialog itu, yakni Over any network, Over Wi-Fi only dan Do not auto-update apps. Pilih Do not auto-update apps jika Anda ingin mematikan fitur ini dan melakukan update secara manual.

Jika Anda sering terhubung dengan koneksi Wi-Fi, ada baiknya Anda memilih Over Wi-Fi only. Opsi ini akan melakukan update aplikasi begitu terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Demikian cara untuk mematikan update otomatis di Google Play Store. Langkah ini berlaku untuk semua ponsel Android versi apapun. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
android,
#
google play store