MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Ampuh Menjaga Sepatu Suede Tetap Bersih

FEB 14, 2022@11:00 WIB | 448 Views

Sepatu suede memerlukan perawatan yang tidak sembarangan. Selain bahan suede ini cukup sensitif, sepatu bahan suede tidak bisa diperbaiki dengan mudah layaknya sepatu dari bahan lain. Sedikit saja melakukan kesalahan, maka sepatu suede yang dimiliki akan mengalami kerusakan dan kerusakan ini semakin lama akan parah sehingga memperburuk tampilan dari sepatu suede yang dimiliki.

Oleh karena itu, agar sepatu suede yang dimiliki tetap dalam performa tertingginya, berikut ini cara ampuh menjaga sepatu suede tetap bersih:

1. Sikat Secara Teratur

Satu hal yang mutlak harus dimiliki jika memiliki sepatu suede adalah sikat suede. Karena butiran suede yang halus, sikat khusus adalah cara terbaik untuk menjaga sepatu suede tetap bersih. Dan itu juga cara terbaik untuk mempertahankan tampilan dari sepatu suede.

Untuk membersihkan debu, kotoran, atau noda kecil, cukup sikat sepatu saat kering. Dan pastikan menyikatnya ke arah yang sama daripada bolak-balik jika hanya ada sedikit kotoran atau debu. Namun, untuk menghilangkan bekas lecet, lanjutkan dan sikat dengan kuat ke depan dan ke belakang untuk mengangkat butirannya kembali.

2. Gunakan pisau untuk noda lecet

Lecet pada suede umumnya tidak lebih dari noda pada butiran yang terlalu kusut. Terkadang, sikat suede tidak akan berhasil. Ketika itu terjadi, cobalah menggoreskan pisau dengan sangat hati-hati di atas area tersebut untuk mengatasi lecet. Jika khawatir menggunakan pisau pada sepatu suede yang dimiliki, cobalah untuk menggunakan penghapus pensil atau penghapus khusus suede.

3. Bersihkan noda air dengan air bersih

Di musim penghujan seperti sekarang, sepatu suede rentan sekali terkena noda akibat air. Ironisnya, cara terbaik untuk menghilangkan noda air adalah membersihkannya dengan air. Triknya adalah pertama-tama oleskan sedikit air dengan sikat suede, lalu usap perlahan permukaan sepatu dengan lap hingga basah secara merata, tanpa ada noda air yang terlihat. Kemudian, masukkan gumpalan kertas sehingga sepatu akan mempertahankan bentuknya saat kering. Setelah benar-benar kering, sapukan sedikit dengan sikat suede kering untuk mengembalikan butiran ke tampilan aslinya.

4. Hapus noda membandel dengan cuka

Untuk noda yang sulit dihilangkan, metode terbaik adalah menggunakan larutan air dan cuka putih satu banding dua untuk masing-masing bahan ini. Oleskan sedikit larutan dengan kain halus atau handuk, lalu biarkan mengering. Setelah kering, gosok perlahan dengan sikat khusus suede.

5. Jaga sepatu suede yang dimiliki

Sebenarnya, metode terbaik untuk menjaga sepatu suede tetap bersih adalah dengan menjaganya terlebih dahulu, salah satu contohnya adalah menyemprotkan cairan pelindung bahan suede. Ini akan mencegah banyak kotoran dan noda menempel pada sepatu, dan juga akan membuat sepatu suede yang dimiliki lebih tahan air. Jika tidak sempat menyemprotkan cairan pelindung ini pada saat sepatu pertama kali dimiliki, cukup ikuti langkah-langkah di atas untuk membersihkannya, lalu semprotkan cairan pelindung sepatu suede ini. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
tips sepatu,
#
sepatu suede