MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Mudah Menghemat Baterai di Ponsel Android

JUL 23, 2019@13:20 WIB | 228 Views

Mungkin sebagian besar pengguna ponsel Android kadang merasa heran bila baterai ponselnya begitu cepat lowbat atau habis. Terlebih bila tidak gunakan secara maksimal atau sekedar menelepon dan membaca pesan serta hal-hal seperlunya saja. Dan tentunya perngguna juga ingin ponsel Android tetap menyala tanpa perlu banyak mengecas ataupun tanpa ngecas sehari itu, terlebih saat bepergian tanpa kendaraan pribadi. Nah, untuk itu kami akan membagikan tips mudah dalam menghemat baterai di ponsel Android Anda. Begini caranya :

Mengaktifkan Baterai Adaptif dan Kecerahan Adaptif

Terdapat dua fitur bawaan Android untuk digunakan sebagai salah satu cara menghemat baterai, yaitu Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Fitur ini menggunakan teknologi AI untuk mempelajari cara Anda menggunakan aplikasi dan layar Anda. Maka itu Anda bisa sesuaikan kedua fitur tersebut agar sesuai dengan kebiasaan Anda. Idenya adalah aplikasi dan tampilan Anda hanya akan menarik daya dari baterai saat dibutuhkan. Jadi Anda harus mengaktifkan keduanya. Namun biasanya ini sudah aktif secara default, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa dan memastikan apakah keduanya sudah benar-benar aktif. Ini langkahnya,

Hidupkan Baterai Adaptif:

Buka pengaturan (settings) ponsel Anda dan pilih “Battery

Temukan dan ketuk “Adaptive Battery”.  Aktifkan jika belum diaktifkan.

Hidupkan Tampilan Adaptif:

Buka pengaturan ponsel Anda dan pilih “Display

Temukan dan ketuk “Adaptive Display”. Aktifkan jika belum diaktifkan.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Ada beberapa aplikasi di Play Store yang menjanjikan untuk membantu Anda menghemat daya baterai - dan banyak di antaranya memang efektif. Dua yang paling terkenal adalah AccuBattery dan Greenify.

AccuBattery mengukur penggunaan baterai Anda dari waktu ke waktu, dan memungkinkan Anda mencari degradasi apa pun. Ini dapat memberi tahu Anda saat baterai Anda penuh, atau membiarkan Anda mengatur baterai agar terisi hingga kurang dari 100 persen (karena banyak yang percaya bahwa pengisian baterai hingga 100 persen akan mempercepat proses degradasi baterai). Ini juga akan memperkirakan berapa banyak waktu yang tersisa, tergantung pada bagaimana Anda berencana untuk menggunakan telepon.

Sementara itu, Greenify, memungkinkan Anda memaksa aplikasi untuk hibernasi (apakah mereka mau atau tidak), menyelamatkan Anda dari kehabisan baterai yang tidak diinginkan.

Tags :

#
tips,
#
hemat baterai,
#
blacktips