MENU
icon label
image label
blacklogo

Apakah Anda pernah mendengar Digital Detox?

AUG 07, 2021@19:00 WIB | 148 Views

Digital detox atau detoksifikasi digital adalah periode waktu dimana seseorang menahan diri untuk tidak menggunakan perangkat digital seperti ponsel, tablet dan komputer. Dengan detoksifikasi ini Anda akan lebih fokus berinteraksi dengan hal yang nyata di sekeliling Anda. Berbagai alasan bisa Anda gunakan untuk mengistirahatkan diri dari perangkat digital yang sudah terlalu lekat ini. Detoks digital akan membantu Anda mengendalikan waktu, kehidupan dan lingkungan Anda, serta memberikan dampak positif juga bagi otak.

Menggunakan perangkat digital kian membuat kita tidak menyadari sekitar dan terkadang merasa hari-hari kian berjalan begitu saja. Kita terlalu fokus dengan apa yang ada di dalam perangkat digital dan menghabiskan waktu untuk melihat berbagai informasi di dalamnya, sehingga lupa berinteraksi dengan apa yang ada di sekitar.  Menurut riset yang ditunjukkan, dengan menjalankan detoks digital, Anda akan melakukan hal-hal yang lebih riil, seperti ngobrol dengan keluarga dan teman secara tatap muka, pergi ke gym atau menjalankan berbagai tugas lainnya.

Anda juga mendapat manfaat dari peningkatan memori karena Anda berinteraksi secara langsung. Belum lagi mengurangi kecemasan yang ditimbulkan dari apa yang kita lihat online.  Maka penting dan perlu untuk Anda mengambil waktu melakukan detox digital. Berikut beberapa cara untuk melakukan detoksifikasi digital:

1. Berhenti menggunakan perangkat saat mau tidur

Banyak orang yang kini mengalami gangguan tidur, salah satu sebabnya adalah karena terlalu sering menggunakan ponsel atau tablet mereka untuk scrolling media sosial. Tapi coba untuk menaruh berbagai perangkat Anda jauh dari tempat tidur, dan gantikan aktivitas tersebut dengan membaca buku.

2. Ritual pagi

Dengan menaruh perangkat jauh dari tempat tidur juga akan membantu Anda mengurangi ritual pagi yang biasa langsung membuka ponsel. Coba memulai dengan memperhatikan sekitar dengan keluar melihat matahari terbit, membuat kopi, dan lainnya.

3. Blokir aplikasi media sosial

Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka dengan perangkat digital adalah karena menggunakan media sosial. Menghilangkan atau menyembunyikan aplikasi media sosial dari ponsel Anda akan membantu untuk mengurangi waktu dengan perangkat. Selain itu juga sudah tersedia beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memblokir aplikasi.

4. Perhatikan waktu penggunaan

Berbagai ponsel baik itu iPhone ataupun Android telah dilengkapi dengan pelacakan waktu penggunaan perangkat. Bisa dilihat berapa lama kita menggunakan ponsel per harinya, aplikasi apa saja yang sering digunakan. Dengan memperhatikan pelacakan tersebut kita bisa mengurangi dan mengontrol penggunaan dengan lebih baik. Gantikan aktivitas penggunaan perangkat, terutama saat menggunakannya untuk melihat media sosial dengan aktivitas gerak yang membuat Anda berinteraksi secara langsung.

Walaupun secara medis kecanduan smartphone tidak begitu mengganggu, tapi mempelajari cara menggunakannya lebih sadar dan sehat tidak akan merugikan. Detoksifikasi digital inilah yang menjadi langkah pertama Anda untuk mengontrol penggunaan tersebut. Selamat mencoba.[geo/shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untu pria,
#
4 tips digital detox,
#
digital detox