MENU
icon label
image label
blacklogo

Amankan Smartphone Android dengan Fitur Enkripsi

OCT 04, 2018@19:00 WIB | 295 Views

(Lindungi informasi smartphone Anda dengan fitur enkripsi)

Tak bisa dipungkiri, sebuah smartphone ibaratnya sudah menjadi identitas kedua pemiliknya. Pasalnya, dalam sebuah smartphone akan tersimpan informasi penting, seperti password, rekening bank, email, dan berbagai hal privasi lainnya.

Besar kemungkinan informasi sensitif tersebut bisa bocor. Misalnya, ketika Anda kehilangan ponsel. Orang lain dapat saja meretas smartphone Anda dan mengintip isinya. Parahnya lagi, jika informasi di dalam smartphone Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu caranya adalah dengan melindungi informasi sensitif melalui fitur enkripsi. Fitur ini akan menjamin smartphone Anda aman dari tangan jahil yang berusaha mengintip di dalamnya. Simak cara melakukan enkripsi pada ponsel Anda.

(Pastikan smartphone terhubung dengan charger saat proses enkripsi berlangsung)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum proses enkripsi adalah dimulai memastikan ponsel Anda terhubung dengan charger. Hal ini bertujuan untuk menghindari smartphone kehabisan daya ketika proses enkripsi berlangsung.

(Buka Settings kemudian pilih Additional settings)

Selanjutnya buka Settings. Gulung layar ke bawah hingga Anda menemukan opsi Additional settings.

(Proses enkripsi dapat dilakukan dengan satu kali tap pada layar smartphone)

Buka opsi Additional settings, kemudian gulung layar kembali hingga menemukan opsi Privacy. Selanjutnya di menu Privacy, silakan pilih Encrypt device using Lock screen password.

Jika Anda belum mengatur kunci layar, menu ini akan meminta Anda untuk membuat kode penguncian layar. Ada beberapa metode yang bisa dipilih, seperti pola, pin, atau pun password. Pilih salah satu yang menurut Anda mudah diingat dan cukup aman.

Selanjutnya, sistem akan memulai proses enkripsi ponsel Anda. Ingat, pastikan smartphone Anda terhubung dengan charger untuk menghindari kehabisan daya saat proses enkripsi berlangsung. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
enkripsi,
#
password,
#
smartphone