MENU
icon label
image label
blacklogo

Amankan File Anda Dengan Cara Ini

SEP 26, 2019@10:54 WIB | 303 Views

Peretas biasanya memiliki misi untuk mencuri data kalian, semisalnya file penting atau uang. Dan biasanya, perusahaan besar sangat rentan akan serangan dari sang peretas ini. Apalagi, jika data perusahaan itu “classified”, maka akan sangat gempar jika peretas berhasil mengambilnya. Ada cara untuk setidaknya mengamankan data anda sehingga tidak perlu khawatir akan ancaman hacker;

Cadangkan File Anda Secara Teratur. Jika virus menginfeksi sistem operasi Anda, seringkali perlu untuk menghapusnya dari komputer Anda sepenuhnya dan menginstal ulang program. Sementara komputer Mac sering dapat mengembalikan file data, PC biasa tidak dilengkapi sistem tersebut untuk melakukannya. Buat salinan cadangan file Anda secara teratur.

Gunakan Hard Drive Eksternal. Hard drive eksternal juga dapat digunakan untuk menyimpan salinan cadangan dari file Anda yang paling berharga. Manfaat lain untuk drive ini adalah bahwa media ini  portabel dan kokoh. Beberapa pengguna bahkan lebih suka menyimpan semua data mereka di drive eksternal daripada di hard drive komputer. 

Simpan File Di Cloud. Penyimpanan cloud menjadi semakin populer untuk penyimpanan file digital yang aman. Kunci cloud adalah memastikan Anda menggunakan http aman (sehingga URL harus membaca "https") dan sering mengubah kata sandi Anda. Sebelum memilih penyedia untuk penyimpanan cloud Anda, teliti perusahaan penyedia dan pastikan ia memiliki riwayat keamanan fisik dan jaringan yang baik. Layanan cloud populer saat ini termasuk Dropbox dan Amazon Cloud Drive.

Kontrol Akses Ke File Anda/Buatkan Sandi. Meskipun melindungi file Anda secara digital selalu penting, pertimbangkan juga cara mencegah kerusakan fisik pada komputer dan sistem cadangan Anda. Bisa saja dibuatkan salinan hardcopy dalam lemari arsip atau lemari yang tahan api dan tahan air. Juga pertimbangkan situasi komputer dan file Anda. Jika bisa digunakan banyak publik atau mudah diakses karyawan lain, file Anda tidak akan aman. Simpan kata sandi komputer Anda untuk diri sendiri.

Enkripsi Hard Drive Anda. Banyak komputer sudah memiliki fungsi bawaan untuk mengenkripsi file Anda. Sebagian besar komputer Windows, misalnya, hadir dengan perangkat lunak BitLocker dari Microsoft. Untuk mengakses perangkat lunak ini, buka panel kontrol Anda dan kemudian "System dan Security." Jika BitLocker tidak tersedia di sistem Anda, DiskCryptor dan TrueCrypt juga dapat mengenkripsi hard drive Anda. Ini juga harus dilakukan untuk file cadangan apa pun, termasuk drive eksternal dan thumb.

Lapisan keamanan lain dapat ditambahkan dengan mengenkripsi hampir semua aplikasi, termasuk file Microsoft Office dan email Anda. Enkripsi dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk membuat aplikasi hanya dapat diakses dengan kata sandi. Sementara sebagian besar penyimpanan cloud sudah menggunakan enkripsi data, bahkan ini juga dapat dienkripsi lebih lanjut dengan program-program seperti TrueCrypt.[prm/timBX]/sumber: berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
amankan file,
#
peretas,
#
hacker