MENU
icon label
image label
blacklogo

9 Tips Kesehatan untuk Pria

AUG 06, 2021@19:00 WIB | 230 Views

Sangat menguntungkan untuk melindungi kesehatan Anda Jika Anda seperti kebanyakan pria, Anda mungkin memiliki rencana karir dan rencana pensiun. Dan bahkan mungkin rencana untuk memulai atau menafkahi keluarga Anda. Tapi apakah Anda punya rencana untuk menjaga diri Anda tetap sehat? Sementara beberapa masalah kesehatan berada di luar kendali Anda, ada beberapa cara agar pikiran dan tubuh Anda tetap kuat dan sehat.

 Berikut adalah tips untuk melindungi kesehatan Anda pada usia berapa pun. Mulai rencana hidup sehat Anda hari ini!

1. Luangkan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Anda mungkin berpikir Anda terlalu sibuk untuk keluar malam atau makan siang bersama ibu Anda. Tetapi kegiatan seperti ini dapat menyelamatkan hidup Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ikatan sosial dapat membantu Anda bertahan dari masalah kesehatan, membuat Anda lebih bahagia, dan bahkan memperpanjang hidup Anda. Satu studi bahkan menemukan bahwa ikatan sosial dapat melindungi kesehatan fisik Anda sama seperti berhenti merokok.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dibawa pulang mungkin enak dan mudah. Tetapi Anda harus pintar tentang jenis pilihan makanan cepat saji yang Anda buat. Terlalu banyak makanan berlemak dan minuman manis meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Dan Anda akan mengambil risiko berkemas dengan pound. Sebagai gantinya, cobalah makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

3. Berolahraga

Olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker usus besar, dan masalah kesehatan lainnya. Itu juga dapat menurunkan berat badan Anda dan mempertajam penilaian Anda. Plus, Anda mungkin akan tidur lebih nyenyak dan hidup lebih lama. Jadi cobalah untuk mendapatkan setidaknya dua setengah jam aktivitas intensitas sedang setiap minggu. Ini dapat mencakup hal-hal seperti pekerjaan halaman, mengendarai sepeda, dan menyekop salju.

4. Berlibur dan Istirahatlah

Stres dalam jumlah kecil dapat memberi energi dan mempertajam kemampuan Anda untuk tampil baik. Tetapi terlalu banyak stres dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental yang serius, termasuk penyakit jantung, diabetes, masalah pencernaan, sulit tidur, dan depresi. Untuk menghilangkan stres, berolahraga, bertemu teman, istirahat dari layar ponsel dan komputer.

5. Perbanyak Waktu Tidur

Sepertinya tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari. Akibatnya, setidaknya banyak pria mengalami kurang tidur. Terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan obesitas, trauma kecelakaan, penyakit jantung, depresi, dan diabetes. Ini juga menempatkan Anda pada risiko kecelakaan mobil karena mengemudi dalam keadaan mengantuk. Tidur tujuh hingga sembilan jam per malam dapat meningkatkan performa kerja, keamanan fisik, dan kemampuan tubuh melawan penyakit.

6. Pergi ke Dokter

Bahkan jika Anda merasa baik-baik saja, pemeriksaan rutin sangat penting untuk melindungi kesehatan Anda. Seberapa penting? Mereka akan membantu Anda mengenali tanda-tanda penyakit dan kondisi serius sejak dini, ketika Anda memiliki peluang lebih baik untuk berhasil mengobatinya. Anda juga akan lebih mungkin menemukan masalah sebelum menimbulkan gejala yang menyakitkan atau mengganggu. Anda akan hidup lebih lama dan lebih aktif tanpa cacat. Temukan dokter perawatan primer dan jadwalkan pemeriksaan hari ini.

7. Membantu Orang Sekitar Anda

Studi telah menemukan bahwa membantu orang lain dapat menurunkan tekanan darah, tingkat stres, dan nyeri kronis. Ini juga dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami depresi dan bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama. Dan membantu orang lain tidak harus menjadi masalah besar. Anda dapat menyumbang untuk penggalangan dana, memotong rumput tetangga, atau berlari untuk amal.

8. Jangan Sampai Lupakan Tabir Surya

Pria dua kali lebih mungkin daripada wanita untuk mendapati jenis kanker kulit yang paling umum, sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Mengapa? Pria menghabiskan rata-rata 10 jam lebih banyak di bawah sinar matahari setiap minggu daripada wanita. Dan mereka cenderung tidak menggunakan tabir surya. Untungnya, kanker kulit sangat mudah untuk dicegah. Biasakan untuk memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Pilih juga topi dan kacamata hitam.

9. Batasi Minuman Beralkohol

Happy hour bisa menjadi waktu yang menyenangkan dan menjadi kesepakatan yang bagus. Tetapi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan cedera, kanker, masalah psikologis, hubungan yang rusak, dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk membatasi alkohol pada dua minuman, seperti sebotol bir atau satu setengah ons alkohol kerar, per hari. Jika Anda memerlukan bantuan untuk membatasi atau berhenti minum.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
tips kesehatan untuk pria,
#
9 tips kesehatan untuk pria