MENU
icon label
image label
blacklogo

9 Power Food untuk Menjaga Kesehatan Pria

AUG 04, 2021@19:00 WIB | 278 Views

Jika Anda ingin hidup lebih lama mungkin berarti Anda harus makan makanan berdasarkan jenis kelamin Anda. Pria mengalami risiko unik untuk masalah kesehatan seperti kanker prostat, penyakit jantung, stroke, dan kolesterol tinggi. Tetapi ada banyak makanan yang dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit dan membuat Anda kuat dan sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Jangan khawatir, diet ini tidak semua salad dan sayuran. Baca dan pelajari bagaimana spageti, sandwich selai kacang, kue oatmeal, dan cokelat adalah bagian dari diet sehat untuk Anda.

1. Saus Tomat

Silakan tambahkan satu sendok saus ekstra saus tomat ke spageti Anda, karena tomat sangat bagus untuk kesehatan pria. Buah merah yang lezat mengandung likopen penyembuh, yang memberi warna merah cerah pada tomat. Tapi lebih dari itu, likopen adalah antioksidan kuat. Sebuah studi Harvard mengungkapkan bahwa pria mampu mengurangi risiko kanker prostat sebesar 23% hanya dengan makan 2 porsi saus tomat setiap minggu.

Makan 10 atau lebih porsi mingguan produk tomat dan Anda akan mengurangi risiko Anda sebesar 35%. Satu tip, Jangan memakannya mentah-mentah. Proses memasak melepaskan likopen dari tomat dan membantu Anda menyerapnya dengan lebih baik.

2. Minyak Ikan

Pilihan yang baik termasuk salmon, trout, mackerel dan sarden karena mengandung asam lemak omega-3, yang membantu mencegah penyakit jantung. Jenis ikan ini juga menyediakan vitamin D yang menjaga kesehatan tulang dan otot Anda, membantu mencegah osteoporosis yang berbahaya seiring bertambahnya usia. Pria harus mencoba setidaknya dalam satu porsi dan tidak lebih dari empat porsi minyak ikan per minggu. Jika ikan segar sulit didapat, taruh sedikit salmon kalengan di salad atau tambahkan sarden ke pasta atau saus pizza Anda.

3. Oat

Jika Anda khawatir dengan kolesterol Anda, makan oat secara teratur adalah cara mudah untuk menurunkannya. Sajikan semangkuk klasik oatmeal hangat atau sereal dingin berbasis oat seperti Cheerios, yang keduanya memiliki serat larut yang sehat. Tambahkan stroberi dan Anda baru saja meningkatkan serat Anda lebih banyak lagi.

Ahli gizi merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari yang mencakup 5 hingga 10 gram serat larut. Siapa yang tahu salah satu makanan pokok Anda sebagai seorang anak juga bisa membuat Anda tetap sehat sebagai seorang pria?

4. Gandum Utuh

Jenis biji-bijian yang Anda konsumsi penting. Carilah biji-bijian untuk membantu mengurangi risiko gagal jantung. Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan tujuh adalah angka ajaib. Targetkan tujuh atau lebih porsi sereal gandum dalam seminggu dan cari produk yang tidak terlalu diproses. Anda juga bisa mendapatkan biji-bijian utuh dalam pasta atau roti, jadi pilihlah pilihan yang menyehatkan jantung saat Anda memesan sandwich atau pizza.

5. Biji Rami

Biji kecil yang pedas ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi 3 sendok makan minyak biji rami sehari dapat menurunkan kolesterol mereka sebesar 10%. Sangat mudah untuk menambahkan biji rami ke dalam makanan Anda tanpa menyadarinya. Taburkan sedikit biji rami pada sereal atau oatmeal pagi Anda, campurkan ke dalam burger kalkun, aduk menjadi smoothie, atau panggang menjadi muffin. Sebagai bonus, biji rami juga dapat melindungi Anda dari kanker prostat.

6. Buah Delima

Dalam hal kesehatan prostat, buah delima adalah sekutu yang kuat. Jus dan ekstrak dari buah delima menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan dapat memperlambat perkembangan dan penyebaran kanker prostat. Delima juga baik untuk sistem kardiovaskular dan kesehatan gigi Anda. Bijinya bisa sulit untuk diekstraksi dari buahnya, tetapi sepadan dengan usaha untuk camilan yang lezat. Minum jus delima untuk sarapan adalah cara lain untuk menambahkan buah kaya akan manfaat ini ke rutinitas Anda.

7. Buah Pisang

Berpindahlah dari bauh apel ke pisang. Dengan Anda makan satu buah pisang sehari menjauhkan diri dari dokter. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada pria daripada wanita dan semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Makan makanan kaya kalium seperti pisang adalah cara bijak untuk menghindari obat-obatan dan menjaga tekanan darah Anda tetap rendah.

Pisang juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga persendian dan otot Anda bergerak lebih lancar. Camilan pisang langsung dari kulitnya, tambahkan irisan ke sereal gandum utuh Anda, atau masukkan ke dalam smoothie dengan biji rami Anda.

8. Selai Kacang

Butuh alasan untuk membuat sandwich selai kacang? Makan kacang dan selai kacang menyediakan lemak sehat yang dapat menurunkan LDL Anda, partikel berbahaya yang membawa kolesterol dan berkontribusi pada penyumbatan arteri. Tapi jangan hanya berhenti di selai kacang.

Campur semuanya dengan mencoba berbagai selai kacang seperti almond, kenari, dan jambu mete. Tambahkan sandwich kacang Anda dengan pisang untuk meningkatkan kesehatan jantung. Satu hal yang perlu diperhatikan tentang selai kacang: Mereka tinggi kalori, jadi jaga agar porsi Anda tetap kecil.

9. Cokelat

Setelah semua makan sehat itu, seorang pria layak mendapatkan makanan penutup, bukan? Para peneliti di Swedia mempelajari lebih dari 37.000 pria selama 10 tahun dan menemukan bahwa pria yang makan lebih dari 2 ons cokelat seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena stroke. Para ahli percaya rahasianya terletak pada flavanol yang ditemukan dalam bubuk kakao. Studi lain menunjukkan makan cokelat dapat meningkatkan gangguan kognitif, membantu menjaga pikiran Anda tetap bugar seperti tubuh Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
makanan sehat,
#
makanan sehat untuk pria,
#
power food