MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Aman Mengakses Berbagai Platform Menggunakan Internet

AUG 12, 2019@18:23 WIB | 582 Views

Kegiatan browsing tentunya tidak asing lagi bagi kita di era teknologi internet saat ini. Di zaman yang serba canggih kita dapat dengan mudah untuk mengakses internet atau yang biasa disebut dengan browsing. Browsing adalah kegiatan yang bisa kapan saja dengan mudah dilakukan untuk mencari berbagai informasi. Dengan Browsing kita bisa menjelajahi berbagai situs, mencari informasi dan juga men-download berbagai file yang kita inginkan dan kegiatan tersebut tentulah sangat menyenangkan. Namun yang sering sekali kita lupakan adalah bagaimana caranya untuk browsing dengan aman.

Perlu diketahui bahwa kejahatan sudah mulai menyerang para pengguna internet, maka dari itu perlu mengetahui tips menggunakan internet aman dan nyaman. Tips tersebut bisa mengantisipasi dan membuat Anda terhindar dari serangan cyber yang sering terjadi belakangan ini. Tips berinternet aman dan nyaman juga berfungsi untuk menjaga keamanan komputer atau smartphone anda ketika browsing. Jika Anda pengguna internet aktif untuk mencari informasi atau pengguna sosial media aktif, maka terapkanlah beberapa tips berikut:

Jangan Sembarangan Menggunakan Wi-Fi Gratis

Bagi kamu yang sering menggunakan Wi-Fi gratis di berbagai tempat, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Memakai Wi-Fi gratis memang sangat menguntungkan serta menghemat pengeluaranmu untuk browsing.

Akan tetapi jika jaringan yang kamu pakai adalah jaringan untuk transaksi dan memerlukan identitas kartu kredit ataupun akun bank, bisa-bisa kamu menjadi sasaran yang sangat pas bagi para penjahat cyber. Dan sebaiknya berhati-hatilah jika ingin menggunakan Wi-Fi gratis.

Selalu Update Antivirus

Memasang program antivirus pada komputer Anda adalah sebuah keharusan, karena hal ini merupakan proteksi untuk data dan software komputer. Ada banyak jenis antivirus yang bisa dipasang pada komputer, bahkan program antivirus gratis. Antivirus juga berfungsi untuk memblokir situs-situs yang memiliki harm content, seperti konten dewasa dan berbahaya. Jangan lupa pula untuk selalu update antivirus pada komputer Anda, agar proteksi keamanan lebih terjamin.

Jangan Menyimpan Password di Browser atau Aplikasi

Ketika kamu mengakses situs ataupun halaman sosial media, kamu biasanya akan ditawari untuk menyimpan password secara otomatis oleh situs tersebut bukan? Hal ini memang berguna agar kamu tidak repot memasukkan password lagi saat berkunjung ke halaman yang sama.

Namun hal ini pun bisa sangat berbahaya jika kamu sering meminjamkan laptop mu ataupun mengakses situs di komputer umum seperti warnet. Dimana orang lain bisa saja melihat password-mu dari history, dan para penjahat cyber akan menyalahgunakan akunmu untuk berbuat kejahatan. Maka, sebaiknya kamu tidak perlu menyimpan password-mu secara otomatis agar akunmu selalu aman.

Gunakan Kombinasi Password dan Ubah Password Secara Rutin

Hal yang sangat penting ketika menggunakan internet adalah password sebagai kuncian dari semua peralatan digital Anda. Gunakan kombinasi password yang kuat agar tidak mudah terdeteksi oleh hacker. Jangan gunakan password umum, seperti tanggal lahir atau nama belakang, karena jika informasi pribadi sudah tersebar maka dengan mudah terdeteksi.

Sebagai contoh, gunakan kombinasi password menggunakan nama hewan peliharaan, nama orang tua atau hal lain yang cukup Anda saja yang tahu. Lalu kombinasikan password menggunakan angka, huruf besar dan kecil. Paling tidak, gunakan maksimal sepuluh atau dua belas digit password. Selain itu, Anda juga harus rutin mengubah password untuk menghindari pencurian password, minimal satu bulan sekali.

Restart Komputer Setelah Browsing

Buat kamu yang sering browsing di warnet, ada baiknya kamu melakukan restart pada komputer yang telah kamu gunakan untuk browsing. Restart komputer bisa menghapus berbagai history dan juga kata sandi. Dengan begitu, privasi kamu akan tetap terjaga. Dengan mengikuti tips di atas, kegiatan browsing tentunya akan jauh lebih menyenangkan dan tidak memancing berbagai hal buruk yang bisa mengancam komputermu dan juga dirimu sendiri. Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu terapkan pada saat mengakses internet agar tetap aman dan nyaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda serta menambah pengetahuan anda dalam hal menggunakan internet dengan baik.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
tips aman,
#
akses internet,
#
browser