MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Software Pencari Driver Komputer Otomatis

APR 26, 2019@09:50 WIB | 279 Views

Tahukah Anda apa itu driver pada dunia komputasi? Driver adalah program dasar yang menjadi penghubung antara sebuah software dengan perangkat hardware. Tanpa driver yang tepat maka software yang Anda install tidak akan bisa dijalankan pada laptop atau PC.

Sebagai contoh adalah ketika akan menginstal game baru, maka biasanya Anda akan mengecek kolom spek driver yang dibutuhkan. Jika belum punya, maka Anda perlu menginstal driver terlebih dahulu atau game tidak akan bisa dimainkan meski sudah terinstal.

Driver komputer/laptop itu sendiri biasanya sudah disediakan oleh vendor dalam bentuk CD/DVD yang didapatkan saat membeli perangkat tersebut. Namun demikian seiring waktu, software atau game terbaru akan meminta driver-driver terbaru pula. Daripada mencari sendiri melalui googling dan membuka situs satu persatu, kini Anda hanya perlu mengaktifkan softwarepencari driver otomatis. Berikut beberapa di antaranya.

1. Driver Booster

Software ini cukup populer digunakan untuk mencari driver laptop/komputer secara online. Driver Booster memiliki  2,5 juta database file driver dari berbagai vendor laptop dunia seperti Intel, AMD dan Nvidia. Berbagai driver penting dapat Anda temukan melalui software ini. Blackpals hanya perlu menjalankan programnya dan lakukan scan. Secara otomatis Driver Booster akan mengidentifikasi file driver yang laptop kalian butuhkan. Terakhir kalian tinggal mengunduhnya melalui link yang tersedia.

Driver Booster akan melakukan pembaruan (i) ketika mendeteksi driver lama yang terinstal pada perangkat sudah tidak kompatibel (out of date). Memang sudah menjadi kewajaran untuk menjaga performa perangkat tetap optimal, maka Anda harus mengunduh versi driver yang terbaru.

2. DriverEasy

Driver Easy seperti namanya, menawarkan kemudahan dalam menemukan berbagai jenis driver yang blackpals butuhkan. Software ini mempunyai 8 juta lebih database driver yang terdiri dari driver grafis, sound, system device, USB, Wifi, Bloetooth, dan masih banyak lagi. 

Kalian dapat memperbarui driver yang sudah ada dengan hanya 1 klik. Nanti DriverEasy secara otomatis akan menemukan file driver yang cocok dan kompatibel dengan perangkat komputer/laptop kalian. DriverEasy mendukung sistem operasi Windows 7, 8.1 dan 10.

3. 3DP Net

3DP Net hadir sebagai solusi untuk yang kesulitan mencari driver Wifi pada laptop. Software ini memang khusus membantu mencari driver berbasis jaringan (network). Cara kerja 3DP Net cukup sederhana yaitu melakukan identifikasi perangkat untuk menemukan file driver yang kompatibel yang kemudian menampilkannya pada blackpals. Selanjutnya Anda dapat mengunduh file driver tersebut. 3DP Net dapat bekerja optimal hampir di semua versi Windows. Seperti Windows Server 2003, XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, dan Server 2008R2.

4.  DriverMax

DriverMax dikembangkan sebagai solusi lengkap yang dapat memecahkan permasalahan driver. DriverMax menawarkan fitur instalasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.  Dengan 2.300.000 database driver memudahkan blackpals melakukan update, backup, dan restore outdate.

Seperti rekan-rekannya, DriverMax juga bekerja dengan cara menganalisa semua komponen komputer dan selanjutnya menampilkan jenis driver yang bermasalah. DriverMax mendukung sistem operasi berbasis Windows 32 dan 64 bit. Pengguna juga dapat menemukan driver untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, serta semua versi Windows Server.

5.  DriverPack Solution

Software ini sudah tidak asing lagi dikalangan teknisi komputer sebagai software terbaik yang direkomendasikan untuk mencari driver secara online. DriverPack Solution bisa dibilang memiliki semua driver dari pabrikan laptop ternama dunia. Seperti Lenovo, Acer, Asus, HP, LG, Sony, Toshiba, Dell, MSI, Panasonic dan masih banyak lagi.

DriverPack Solution bekerja dengan cara mengidentifikasi perangkat yang kemudian menampilkannya kepada Anda. Software ini tersedia secara online dan offline. Untuk versi offline Anda harus siapkan ruang penyimpana sekitar 2GB.

Kelima software di atas memang dapat membantu mempermudah blackpals dalam mencari komponen driver yang dibutuhkan. Namun perlu diingat ya, pastikan juga spek RAM, prosesor, dan graphic card Anda memadai untuk menjalankan software terbaru yang ingin diinstal.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
computer driver,
#
driverpack solution,
#
drivereasy

RELATED ARTICLE