MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Manfaat Virtualisasi Data Center Perusahaan

JUN 08, 2019@17:50 WIB | 50 Views

Kita sedang memasuki era digital dengan Big Data-nya. Setiap hari semakin banyak perusahaan yang menyadari akan kebutuhan server penyimpanan data secara digital demi menunjang bisnis. Namun seiring perkembangan, memiliki sebuah server fisik terdedikasi sendiri ternyata dinilai sudah tidak efisien dan ekonomis. Maka itu, solusi dengan virtualisasi dapat menjadi pilihan. Virtualisasi bergantung pada perangkat lunak untuk mensimulasikan fungsi perangkat keras dan membuat sistem komputer secara virtual.

Virtualisasi modern saat ini dapat mencakup perangkat penyimpanan, jaringan, sistem operasi, atau bahkan server. Berikut ini adalah 10 manfaat utama dari virtualisasi data center.

1. Efisiensi Biaya Hardware

Kebutuhan terhadap hardware atau perangkat keras akan terus meningkat seiring dengan banyaknya data yang tersimpan dalam suatu perusahaan/lembaga. Contohnya data konsumen, data penjualan, dan sebagainya perlu disimpan dalam komputer. Penambahan komputer dan perangkat keras dapat dipastikan menambah beban biaya perusahaan ke depannya.

Dengan menggunakan metode virtualisasi dalam penyimpanan cloud, maka hal itu dapat diatasi.  Anda bisa menyimpan lebih banyak data tanpa harus membeli lebih banyak perangkat keras. Pada akhirnya hal ini akan menekan jumlah biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli perangkat keras baru dan perawatannya.

2. Hemat Ruang dan Biaya

Banyaknya perangkat keras yang bekerja pada fasilitas data center membuat ruangan di sana cepat panas. Oleh karena semakin banyak perangkat keras maka Anda pun memerlukan pendingin yang lebih banyak untuk membuat suhu tetap stabil.  Virtualisasi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi jumlah penggunaan perangkat keras. Hal ini juga akan berimbas pada pengurangan kebutuhan pendingin ruangan. Lewat virtualisasi, selain menghemat tempat, mengurangi jumlah pendingin, Anda juga akan mengurangi pengeluaran operasional dalam hal biaya listrik. Jadi akumulasi biaya dapat ditekan.

3. Tak Perlu Khawatir Mengenai Backup

Pernahkah Anda mengalami, ketika komputer Anda tiba-tiba terserang virus sehingga tidak bisa digunakan. Padahal Anda telah menyimpan semuanya dalam komputer tersebut. Alhasil, data konsumen maupun penjualan serta laporan lainnya jadi hilang. Jika sudah begini maka bisa dibayangkan berapa banyak kerugian yang mungkin Anda alami.

Virtualisasi mempermudah dalam penyimpanan data karena memungkinkan Anda untuk melakukan backup secara berkala otomatis di cloud. Jika salah satu perangkat keras mengalami kerusakan, Anda tidak perlu khawatir karena data tersebut masih bisa dibaca dan digunakan lagi. Jadi dengan kata lain, virtualisasi akan menghemat biaya serta waktu Anda sehingga kegiatan operasional bisnis bisa menjadi lebih efisien.

4. Relokasi Kembali Lebih Cepat

Ketika Anda menggunakan bentuk fisik kemudian server itu mati, maka waktu pemindahan data tergantung pada sejumlah faktor. Mulai dari ketersediaan server cadangan, gambar server, dan berapa besar kapasitas data di server cadangan. Dengan virtualisasi, pengalihan pekerjaan dapat terjadi dalam hitungan menit.

5. Fleksibel Terhadap Pengembangan

Virtualisasi pada dasarnya memang dirancang untuk dapat diskalakan. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih fleksibel dalam pertumbuhan kebutuhan bisnisnya. Tidak perlu membeli komponen infrastruktur tambahan, aplikasi dan peningkatan baru dapat dengan mudah diimplementasikan dengan virtualisasi.

Itulah tadi 5 keuntungan menggunakan metode virtualisasi. Tidak hanya lebih praktis dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan, virtualisasi juga dapat mengefisiensikan anggaran biaya operasional perusahaan.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
data center,
#
cloud data center,
#
big data

RELATED ARTICLE