MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Langkah Mudah Menghilangkan Goresan di Kacamata

MAR 18, 2021@16:00 WIB | 168 Views

Merawat kacamata tak boleh sembarangan. Alih-alih membersihkan noda atau kotoran yang menempel di kacamata dengan tisu, Anda harus betul-betul tahu cara terbaik agar saat membersihkan tidak menimbulkan goresan.

Meski sekedar goresan setipis rambut, tetapi jika itu terjadi di kacamata Anda bisa jadi membuat Anda frustrasi. Karena tak hanya menghalangi pandangan,  tetapi menjadi masalah besar saat keamanan Anda ketika mengemudi terganggu.

Memang mudah untuk membeli lensa baru pada kacamata Anda, tetapi Anda juga tak ingin sesering mungkin menggantinya kan? Berikut cara-cara sederhana untuk mengatasi goresan di kacamata yang perlu Anda ketahui.

1. Bersih

Untuk membersihkan debu dan kotoran halus, Anda dapat membersihkan kacamata dengan menggunakan pembersih lensa pada kain mikrofiber.

2. Membuat Campuran

Anda juga dapat membuat pasta kental pembersih kaca, dengan cara mencampurkan 1 - 2 sendok teh soda kue dengan air secukupnya.

3. Terapkan Solusi

Setelah selesai membuat pasta, kemudian oleskan pasta tersebut ke area lensa yang rusak dengan menggunakan kain mikrofiber atau bola kapas. Gosokkan perlahan dengan gerakan melingkar dan jangan terlalu menekan.

4. Bilas

Selesai mengoleskan pasta di seluruh permukaan yang rusak, kemudian bilas kacamata dengan air untuk menghilangkan sisa residu pastanya.

5. Ulangi

Meski sudah dibilas dengan air, namun tak ada salahnya Anda membersihkannya lagi dengan pembersih lensa dan kain mikrofiber, sehingga lensa akan bersih tahan lama.

Nah.., itu adalah 5 langkah praktis hal yang boleh dilakukan untuk membersihkan lensa dari kotoran. Lalu apa yang tak boleh dilakukan?

Apa yang tak boleh dilakukan?

Beberapa sumber ada yang merekomendasikan untuk mengoleskan pasta gigi ke lensa untuk menghilangkan goresan. Meskipun cara ini bisa berhasil, namun tak sembarang pasta gigi dapat Anda gunakan. Untuk membersihkan lensa kacamata, pasta gigi itu harus pasta gigi non-gel, non-abrasif, atau non-pemutih.

Cara umum lainnya adalah menggunakan larutan etsa kaca yakni larutan yang digunakan untuk menghilangkan lapisan yang rusak (seperti lapisan anti-silau, misalnya) dari lensa. Secara teknis, jika Anda tahu caranya ini akan berhasil, tetapi jika tidak yakin dengan caranya maka Anda bisa juga gagal.

Tips Mencegah Goresan

Anda masih sayang dengan kacamata dan belum ingin menggantinya dengan baru? Coba ikuti tips berikut untuk mencegah terjadinya goresan pada lensa.

- Tetap pakailah kacamata Anda.

- Bawalah tas saat bepergian.

- Pastikan casing kacamata Anda memiliki permukaan pelindung yang keras.

- Jangan jatuhkan lensa kacamata.

Selamat mencoba! [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips rawat kacamata,
#
cara merawat kacamata,
#
trik bersihkan kacamata

RELATED ARTICLE