MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Tanda Harddisk Minta Pensiun

SEP 25, 2018@19:00 WIB | 316 Views

(Harddisk merupakan komponen penting dalam perangkat elektronik seperti komputer)

Harddisk menjadi komponen penting dalam perkembangan teknologi. Meski berukuran tidak besar, perangkat ini mampu menampung semua data dalam sebuah komputer. Saking pentingnya, tanpa harddisk, komputer tidak akan bisa berfungsi.

Layaknya sebuah perangkat elektronik, harddisk memiliki masa hidupnya sendiri. Biasanya, harddisk internal mampu bertahan selama 5 – 10 tahun pemakaian. Namun, tidak menutup kemungkinan usia harddisk menjadi lebih singkat dari itu. Intensitas pemakaian yang tinggi, debu, hingga overload data bisa menjadi penyebab harddisk cepat lelah.

Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa harddisk Anda sedang bermasalah.

Blue Screen

(Bluescreen menjadi salah satu indikator harddisk bermasalah)

Istilah bluescreen mengacu pada kondisi di mana layar komputer atau laptop tiba-tiba menjadi biru dan tidak dapat dioperasikan. Salah satu penyebabnya adalah kegagalan fungsi harddisk. Memang pada dasarnya, tidak melulu harddisk yang menjadi penyebabnya. Namun perlu diperhatikan, jika bluescreen ini masih muncul meski dalam Windows Safe Mode, dipastikan harddisk Anda sedang “sakit”.

Corrupted file

(File banyak corrupt? Bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan harddisk)

Pernahkah Anda menemui file yang rusak dalam harddisk Anda? Padahal Anda yakin, proses penyimpanan berjalan dengan baik. File yang rusak ini tidak akan bisa Anda buka. Jika hal ini terus menerus Anda temui, dipastikan ada masalah dengan harddisk Anda.

Bad Sector

(Bad sector bisa menjadi salah satu indikatornya)

Terlalu banyak bad sector mengindikasikan kesehatan harddisk Anda. Bad sector sendiri merupakan area harddisk yang secara otomatis ditutupi oleh sistem. Sayangnya, bad sector ini agak sulit untuk diidentifikasi, terutama jika harddisk sudah digunakan dalam jumlah yang besar.

(Lakukan Error checking untuk mendeteksi bad sector)

Cara mengetahuinya dengan membuka File Explorer. Kemudian klik kanan di drive C, lalu pilih properties. dalam menu properties, klik Tools. Selanjutnya klik Check now pada submenu Error Checking.

(Defragment diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut)

Sistem akan memindai harddisk Anda. Jika ditemukan permasalah segera perbaiki dengan melakukan optimasi. Caranya klik kanan drive C >> Properties >> Tools >> Defragment.

Muncul suara aneh

Pertanda terakhir dari harddisk yang sekarat adalah munculnya suara-suara aneh ketika perangkat sedang digunakan. Suara ini biasanya terdengar seperti cicitan atau bahkan raungan keras.

Harap diperhatikan, berakhirnya usia harddisk bisa terjadi kapan saja. Jika sudah rusak, akan sulit bagi Anda untuk mengembalikan file dalam harddisk tersebut. Kami sangat menyarankan Anda untuk membuat salinan data dari harddisk Anda.

Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
harddisk,
#
komputer,
#
external harddisk