MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Langkah Meningkatkan Kinerja Otot Untuk Kemampuan Lari Anda

FEB 20, 2020@17:00 WIB | 813 Views

Berlari menjadi salah satu treatment paling mudah dan menyenangkan untuk tampil bugar, menjaga berat badan, kesehatan jantung dan otot tubuh. Namun banyak pihak melakukan kesalahan dengan berlari kecil di trotoar, jalan setapak tanpa manajemen yang tepat.

Yang perlu Anda fikirkan kemudian adalah bagaimana kecepatan menjadi terimprove, meningkat, sementara daya tahan tubuh Anda tetap terjaga, dan mengurangi kemungkinan cedera. Maka BlackPals perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pilihlah sepatu yang tepat

Memilih sepatu berdasar kondisi lokasi cukup penting. Seperti halnya trail runners, pilihlah tipe sepatu yang sesuai. Sementara tipe track cleats untuk lintasan khusus. BlackPals bisa menggunakan sepatu minimalis yang didesain untuk kebutuhan. Ada banyak macamnya, namun pilih sesuai dengan desain yang sesuai. Tidak perlu spend waktu dan uang untuk mencarinya, yang BlackPals perlukan sepatu yang menghindari gesekan atau tekanan berlebihan. Tidak terlalu kencang dan nyaman untuk bergerak, setidaknya Anda harus menggantinya ketika mencapai 300 mil atau 482 km jarak tempuhnya.

2. Perpendek langkah kaki Anda

Persingkat langkah saat menambah kecepatan lari Anda BlackPals. Langkah yang pendek menjaga Anda dari cepat lelah dan kemungkinan cidera. Cara mengukurnya cukup sesuaikan langkah Anda dengan jarak ketika tubuh Anda condong ke depan. Satu kaki melangkah dan kaki yang lain menahan ritme tersebut bergantian. Sebetulnya yang menjadi pertimbangan adalah berapa banyak energi yang terbakar, sehingga melelahkan otot kaki Anda, dan itu menyebabkan ketahanan tubuh Anda tergerus.

3. Lakukan Sprint Interval

Dalam satu minggu, setidaknya Anda bisa mengukur kecepatan tertinggi 5 sampai 6 kali. Dimulai dari jogging ringan, kemudian tingkatkan kecepatan secara berlahan, dan tahan kecepatan tertinggi 3-5 detik. Kemudian baru menurunkan kecepatan secara berlahan. Ritme ini bisa Anda ulang setelah satu menit berselang. 

Ulangi cara tersebut beberapa kali sehari dalam satu minggu. Hasilnya teknik sprint Anda lebih cepat dan itu dimulai dengan pemanasan otot yang baik.

4. Jangan Lewatkan Latihan Kecil

Semakin kuat tubuh Anda, itu menandakan tubuh Anda teristirahat dengan baik. Semakin kuat tubuh Anda, semakin banyak power yang diserap, dan sedikit energi yang dikonsumsi. Jangan tinggalkan Squat jump, sit up dan lainnya. Proporsikan kekuatan tubuh sepadan dengan waktu dan tenaga.

5. Landing yang tepat


Tumit bukan menjadi bagian pertama dari kaki saat menyentuh tanah ketika BlackPals berlari. Karena efeknya akan mengejutkan tulang dan persendian. Jalan keluarnya, Anda harus mendaratkan kaki bagian tengah kaki Anda, untuk mendistribusikan kekuatan kaki dan mendorong langkah selanjutnya. Lakukan landing yang tepat, dan ambil langkah baru yang lebih pendek, guna menghindari cidera.

6. Kurangi Kalori Makanan
Semakin berat badan Anda, semakin banyak effort untuk menggerakkan tubuh Anda. Jika Anda telah menemukan ukuran ideal BMI, abaikan saja.  Karena dengan badan yang bugar sedikit kekar, butuh pemotongan kalori. Karena mengurangi kalori dalam tubuh lebih efektif dari berolahraga secara maksimal untuk penurunan berat badan. Lakukan latihan secara alami, itu akan mudah mengurangi berat badan Anda.

7. Makanan yang Tepat

Saat tubuh Anda ideal, cara terbaik mempertahankannya adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Olahraga secara teratur, setidaknya membutuhkan 1/4 kalori dari protein. Kurangi karbohidrat, karena pembakaran dalam tubuh cukup lambat saat lari jarak jauh. Ganti dengan makanan ringan dan sehat dengan lebih banyak protein dan sedikit karbohidrat, satu jam sebelum Anda berlari. Dan berikan asupan setelah berlari dengan satu porsi protein untuk pemulihan tubuh Anda.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
sprint,
#
menjaga tubuh ideal,
#
kecepatan berlari,
#
teknik berlari

RELATED ARTICLE