MENU
icon label
image label
blacklogo

Zoom Hadirkan Fitur Aksesibilitas Terbaru

SEP 24, 2020@10:00 WIB | 157 Views

Aplikasi Zoom semakin naik daun belakangan ini, terlebih setelah aplikasi tersebut menghadirkan banyak fitur menarik yang sangat mendukung komunikasi tatap muka secara langsung untuk berbagai kalangan. Dan yang terbaru kali adalah fitur aksesbilitasnya. Ya, Zoom telah menambahkan fitur aksesibilitas baru yang akan membuat aplikasi konferensi video menjadi lebih mudah digunakan bagi individu yang tuli, kesulitan mendengar, atau yang memiliki gangguan penglihatan. Dengan kata lain, aplikasi Zoom ini akan memungkinkan Anda memasang pin dan menyoroti beberapa video selama panggilan dan juga memudahkan untuk menyimpan penerjemah bahasa isyarat di layar (sign language interpreter on-screen).

Seperti yang telah dilansir Mashable dan USA Today, perubahan pertama pada aplikasi ini adalah kemampuan untuk memasang pin atau menyoroti beberapa video sekaligus, bukan hanya satu seperti yang diizinkan saat ini. Ini akan memungkinkan orang yang membutuhkan interpretasi bahasa isyarat untuk memasang pin pada video juru bahasa selama rapat, membuatnya tetap terlihat setiap saat bahkan saat panggilan dalam mode speaker. Hanya sembilan orang di setiap panggilan yang dapat memasang pin pada beberapa video, yang dapat membatasi rapat yang lebih besar lagi.

Dan sebagai alternatifnya, penyelenggara dapat memilih untuk menyoroti beberapa video untuk semua pengguna, membuat hingga sembilan video yang berbeda akan bisa terlihat pada waktu yang bersamaan. Ini pada dasarnya adalah versi fitur yang lebih selektif dari tampilan galeri aplikasi Zoom saat ini, yang mana di sini bisa menjejalkan sebanyak mungkin video di layar.

Di sisi tampilan galeri sendiri juga mendapatkan sedikit pembaruan, dengan pengguna sekarang dapat mengatur ulang posisi setiap video daripada memuatnya dalam urutan tetap. Sekali lagi, idenya adalah untuk mempermudah menjaga aliran video tertentu tetap menonjol seperti yang diperlukan. Fitur-fitur baru ini telah tersedia di aplikasi Zoom sejak 31 Agustus yang lalu. Menariknya, terdapat juga opsi transkripsi Zoom memungkinkan Anda menunjuk transcriber yang sedang menelepon atau berintegrasi dengan layanan transkripsi pihak ketiga.

Dan apilkasi Zoom juga merombak pintasan keyboard aplikasi dan menyempurnakan antarmuka pembaca layarnya (Ini adalah cara menu aplikasi dan perintah dibacakan oleh pembaca layar). Kedua perubahan tersebut dihadirkan agar memungkinkan individu dengan gangguan penglihatan untuk dapat melakukan menavigasi aplikasi dengan lebih lancar.

Fitur sistem teks tertutup pada aplikasi Zoom juga mendapatkan pembaruan kecil, dengan opsi baru untuk menyesuaikan ukuran teks. Zoom tidak menyediakan teks langsung itu sendiri, tetapi memberi pengguna opsi untuk mengetik teks secara langsung atau dapat berintegrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Otter.ai untuk transkripsi otomatis melalui API yang baru. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
zoom,
#
aksesibilitas zoom,
#
fitur baru zoom