MENU
icon label
image label
blacklogo

YouTuber Non-AS Termasuk Indonesia Bakal Dikenai Pajak AS

MAR 10, 2021@16:00 WIB | 422 Views

YouTube telah mengirim pesan email ke semua YouTutber termasuk di Indonesia yang berisi tetang penerapan kena pajak Amerika Serikat bagi YouTuber Non-AS. Sebagaimana lazimnya, di banyak Negara, termasuk di Indonesia, ada penghasilan yang dikenakan pajak, pajak penghasilan namanya.

Sejauh ini, di Indonesia, pemerintah belum memberlakukan kena pajak terhadap penghasilan yang bersumber dari AdSense YouTube. Lain hal dengan penghasilan dari hasil iklan regular, otomatis akan dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku.

Dalam kasus YouTube, perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan segera mulai secara otomatis memotong pajak AS dari pendapatan yang diperoleh kreator yang tidak berbasis di AS. Mereka, tentu saja, juga akan memotong pajak dari pembuat AS, tetapi pemotongan dari kreator non-AS adalah hal yang menarik.

Berdasarkan email yang dikirimkan ke para Kreater/YouTuber dengan judul: [Penting] Perubahan terhadap pajak penghasilan Anda dari YouTube di masa yang akan datang. Isinya tertulis langsung di badan email, isinya sebagai berikut:

 "Halo, Kami menghubungi Anda karena Google akan diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak AS atas pembayaran kepada kreator di luar AS akhir tahun ini (paling cepat Juni 2021). Selama beberapa minggu ke depan, kami akan meminta Anda untuk mengirim informasi pajak Anda di AdSense untuk menentukan dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika Anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan memotong hingga 24% dari total penghasilan Anda di seluruh dunia.”

Kabar ini mungkin terdengar cukup rumit, tetapi YouTube telah mengumpulkan video yang menjelaskan apa yang ingin mereka lakukan. Jika BlackPals adalah pembuat konten YouTube yang mencari nafkah dari platform, ini mungkin sesuatu yang ingin Anda tonton.

Lalu apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan email dari YouTube? Berikut lanjutan isi email di atas, “Apa yang harus saya lakukan? Dalam beberapa minggu ke depan, Anda akan menerima email untuk mengirimkan informasi pajak Anda di AdSense. Fitur pajak online di AdSene terdiri dari eman langkah dan akan terdapat serangkaian pertanyaan untuk memandu Anda menyelesaikan proses tersebut guna menentukan apakah terdapat pajak Amerika Serikat yang berlaku. Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait perubahan ini dan daftar informasi pajak yang harus disiapkan, kunjungilah Pusat Bantuan Kami.” [asl/timBX]

Tags :

#
pajak adsense,
#
pajak youtube,
#
pajak youtuber non-as

RELATED ARTICLE