MENU
icon label
image label
blacklogo

YouTube Bereksperimen Hilangkan Tombol Dislikes Untuk Kesejahteraan Creators

APR 02, 2021@15:00 WIB | 290 Views

Platform berbagi video, YouTube mengumumkan sedang melakukan eksperimen dengan menyembunyikan dislike untuk melindungi pembuat konten dari ‘dislike campaign’ yang bertujuan merendahkan video kreator. Dengan ini, perusahaan mencoba menyembunyikan jumlah dislike.

Eksperimen ini adalah implementasi yang berbeda dari solusi yang telah didiskusikan sebelumnya oleh perusahaan, tetapi serupa dengan upaya yang dilakukan platform lain seperti Instagram untuk menghentikan serangan yang ditargetkan sejak awal.

Dalam penyiapan saat ini, statistik ‘like’ dan ‘dislike’ dapat dilihat di halaman masing-masing kreator YouTube Studio, tetapi hanya bagian ‘like’ yang akan ditampilkan publik di video.  Dalam artikel YouTube mengatakan bahwa ‘dislike’ berdampak negatif pada kesejahteraan pembuat dan dapat memotivasi kampanye yang ditargetkan pada pembuat video.

Pembuat konten mengandalkan kedua tombol ini sebagai bentuk masukan untuk memandu hasil kreatif mereka, tetapi seperti halnya memberikan ulasan buruk, dapat berdampak sebagai penyalahgunaan.

Ketika YouTube pertama kali mengumumkan bahwa mereka sedang mencari cara untuk mengatasi masalah ini, ada tiga ide yang dipertimbangkan, yaitu menyembunyikan angka like dan dislike, menambahkan lebih banyak gesekan untuk tidak menyukai video melalui interaksi ekstra, atau benar-benar menghapus ‘like’ dan ‘dislike’.

Tes ini melakukan setengah dari apa yang dijanjikan opsi pertama. Jika angka dislike adalah masalahnya, mengapa tidak disembunyikan dan melihat apa yang akan terjadi. Instagram bereksperimen dengan jenis tes serupa ketika memutuskan untuk menyembunyikan like pada postingan. Jelas, suka pada dasarnya bersifat positif, tetapi mengejar jumlah tinggi dapat berdampak negatif pada pembuat konten yang bergantung pada hal tersebut.

Jadi, YouTube akan menguji penghapusan jumlah dislike dari video. Tidak semua pembuat konten akan mengalami eksperimen ini, tapi jika Anda salah satunya, Anda bisa memberikan pendapat sebagai masukan melalui situsnya. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
youtube,
#
tombol dislikes,
#
tombol dislikes youtube