MENU
icon label
image label
blacklogo

Xbox Game Bar dengan Widget Spotify Kini Ada Di Windows 10?

APR 07, 2019@10:27 WIB | 245 Views

Setiap sistem operasi pastinya memiliki kekurangan. Namun kekurangan itulah akan menjadi sebuah bahan untuk terus diperbaiki dan dikembangkan lagi ke depannya, seperti pada sistem operasi besutan Microsoft , Windows 10. Pada tahun lalu, kepala divisi game Microsoft, Phil Spencer telah mengakui bahwa pembuat perangkat lunak masih memiliki "satu ton pekerjaan yang harus dilakukan pada Windows" untuk gamer PC. Atas dasar pemikiran itulah, pihak Microsoft kini memulai programnya untuk bisa meningkatkan integrasi Xbox-nya di PC dengan meluncurkan perombakan besar untuk fitur Game Bar pada Windows 10.

Dengan kata lain, bakal ada fitur baru yang memanjakan penggemar game dan musik bagi pengguna perangkat yang berbasis Windows 10. Ya, kini tersedia untuk penguji versi beta, fitur GameBar yang telah diperbarui, yang mana itu mencakup widget yang lebih mirip seperti hamparan yang akan Anda temukan dalam ‘pengalaman’ GeForce Nvidia. Widget ini mencakup banyak fitur pendukung yang biasanya bisa Anda temukan di Game Bar, tetapi ada juga sejumlah hal yang baru, yakni widgetSpotify.

Pihak Microsoft rupanya berusaha untuk bisa mengintegrasikan Spotify ke dalam fitur Game Bar yang telah terbaharui ini, hingga dengan begitu sangat memungkinkan Anda untuk mengontrol pemutaran lagu selama bermain game terutama. Bahkan ada widgetaudio juga untuk menyesuaikan volume dan outputgame-nya, dan widget untuk memantau penggunaan CPU, GPU, dan RAM perangkat Anda di saat itu juga. Xbox Game Bar ini dapat diaktifkan dengan menggunakan winkey G di Windows 10, dan tata letak baru ini membuatnya jauh lebih mudah dilihat bila pengguna ingin beralih ke dalamnya dan kemudian dengan cepat kembali ke dalam game yang masih dimainkannya.

Selain itu, Microsoft juga membuatnya lebih mudah untuk mengubah tangkapan layar atau screenshot yang ingin ditangkap untuk dijadikan meme dengan cara mengeditnya secara  cepat dan dibagikan ke teman-teman melalui fitur akun sosial Twitter misalnya yang sudah memiliki koneksi fitur ini. Dan di sini juga, pengguna dapat mengambil video, menambahkan teks overlay, dan kemudian membagikannya langsung ke Twitter. Semuanya itu bisa dilakukan, meski tampilan interface atau antar muka ini berada di atas game yang sedang dimainkan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada widget sosial Xbox baru dengan daftar teman dan kemampuan untuk mengirim pesan dengan cepat dari fitur Game Bar di Windows 10.

Ya, Microsoft memang nampak benar-benar fokus pada peningkatan kinerja Game Bar dari menjadi bar sederhana hingga memiliki lebih banyak fitur overlay yang sepenuhnya dapat di-customize. Pengguna nantinya dapat menyematkan widget di tempat yang diinginkan dan memilih yang mana untuk dimasukkan atau disembunyikan.

Fitur Xbox Game Bar baru ini sedang diuji untuk gamer PC, dan Microsoft sedang mencari umpan balik sebelum ini diluncurkan secara lebih luas lagi dan dalam bentuk full versi optimalnya nanti. Jika Anda ingin menjadi bagian yang bisa menguji fitur versi beta ini, Anda dapat melakukannya dengan meluncurkan Xbox Insider Hub pada PC Windows 10 dan memilih Windows Gaming dari konten Insider untuk mengaktifkannya. Microsoft tampaknya bakal segera bisa mengatasi beberapa kekurangan PC gaming-nya nantinya pada akhir tahun ini. So, kita nantikan saja!

Tags :

#
xbox,
#
widget spotify,
#
windows 10,
#
xbox game bar