MENU
icon label
image label
blacklogo

Wah, MediaTek Klaim Kalahkan Face ID Apple

SEP 07, 2018@16:00 WIB | 1,075 Views

(Face ID iPhone X bakal punya pesaing berat)

Familiar dengan teknologi 3D Structured-Light? Teknologi inilah yang digunakan Apple untuk mengakomodir fungsi Face ID pada iPhone X. Kabarnya, teknologi ini merupakan teknologi paling aman saat ini. Sayangnya, tidak semua ponsel—terutama Android—yang hadir dengan teknologi ini. Pasalnya, harga yang perlu dikeluarkan cukup besar. Sejauh ini, hanya Xiaomi Mi 8 Explorer dan Oppo Find X yang berani menggunakannya.

(MediaTek dikabarkan sudah mengembangkan pemindai wajah baru)

Namun, hal tersebut akan segera berakhir. Pasalnya, MediaTek mengklaim telah mengembangkan sebuah teknologi pengenalan wajah dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, keamanan yang ditawarkan dikatakan lebih baik dari 3D Structured-Light saat ini.

(Active Stereo bakal kompatibel dengan Helio P22)

MediaTek menyebut teknologi ini dengan Active Stereo. Menariknya, teknologi ini sebenarnya sudah ada pada chipset Helio P22 dan Helio P60. Namun, pemanfaatannya baru sebatas pada menghasilkan gambar bokeh dan mode beauty. MadiaTek menyatakan, dengan hardware yang sesuai, teknologi ini bahkan dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial.

(Chipset Helio P60 juga kompatibel dengan Active Stereo)

Untuk saat ini, MediaTek menyerahkan proyek IR dan lensa pendukungnya pada Himax. Sementara, software-nya sendiri dikembangkan oleh Vision Technology Face++. Terlepas dari itu semua, hingga saat ini belum ada ponsel yang dibekali dengan teknologi pemindai wajah yang dimaksudkan MediaTek. Mungkin beberapa waktu ke depan, ponsel baru akan hadir dengan teknologi pemindai wajah asli milik MediaTek. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
apple,
#
face id,
#
mediatek,
#
helio p22,
#
helio p60,
#
3d structured light