MENU
icon label
image label
blacklogo

VinSmart Berencana Luncurkan Smartphone-nya di Pasar Global

DEC 18, 2020@18:30 WIB | 118 Views

VinSmart, brand smartphone asal Vietnam dikabarkan memiliki rencana bakal meluncurkan ponsel yang dikembangkan sendiri untuk pasar global (luar negeri). Perusahaan yang baru-baru ini meluncurkan tiga model smartphone baru di pasar negara asalnya pada paruh kedua tahun 2020 ini tampaknya berencana memperluas cakrawala dagangnya ke luar negeri.

Menurut laporan TheElec, VinSmart tampaknya akan meluncurkan smartphone di pasar seperti Amerika Utara, India, atau pasar lain di mana merek ponsel pintar China memiliki pangsa pasar yang lebih rendah atau menghadapi hambatan karena 'ketegangan geopolitik'. Bagi mereka yang tidak sadar, VinSmart adalah merek yang relatif baru, dengan operasinya baru dimulai pada tahun 2018 lalu. Pada awalnya, ia menggunakan pabrikan China untuk desain ponsel pintarnya, dan hanya merakit beberapa produknya secarra mandiri.

Sekarang, ia mulai menandai smartphone-nya sendiri (brand sendiri) dan bahkan telah memperluas tim pengembangannya, yang mencakup karyawan lama dari raksasa industri seperti Samsung dan LG. Pada kuartal ketiga tahun ini, perusahaan meluncurkan Live 4 (kode bernama V640 selama pengembangan). Harganya sekitar 177 Dolar AS dan menargetkan pasar entry level. Sejak itulah, ia telah meluncurkan model lain, yang juga menyasar pasar tingkat anggaran (menengah ke bawah). Perusahaan menargetkan pengiriman satu juta unit dari ketiga model yang digabungkan, tetapi target ini tidak mungkin bakal segea tercapai mengingat mereka menghadapi penundaan produksi dan peluncuran karena pandemi virus Corona.

Saat ini, pabriknya berlokasi di Hanoi, Vietnam, dan mampu memproduksi hingga 26 juta smartphone setiap tahun dengan kapasitas penuh. Padahal, setelah situs itu rampung, kapasitas produksinya bisa mencapai 125 juta unit per tahun. Khususnya, rencana perusahaan untuk memperluas di luar Vietnam akan mendapatkan keuntungan dari pemasok Korea Selatan seperti Cammsys (yang memasok modul kamera dan pemindai sidik jari-nya) dan Ryuk-Il C&S, yang memasok penutup belakang perangkat smartphone. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
vinsmart,
#
smartphone vinsmart,
#
smartphone vietnam,
#
smartphone