MENU
icon label
image label
blacklogo

USB4 Resmi Diumumkan, Bandwidth Tembus 40Gbps

MAR 06, 2019@12:00 WIB | 192 Views

Intel dan USB-IF baru saja mengumumkan evolusi koneksi kabel universal, USB4. Apa keunggulannya? USB4 memiliki bandwidth lebih lebar dua kali lipat dari USB 3.2 Gen 2x2 yaitu di angka 40Gbps. 

Tentu dengan jalur transfer yang begitu lebar, sebuah kabel saja dapat menanggung beberapa layar tampil sekaligus aliran data. Setidaknya, ia dapat mengalirkan data dua buah layar resolusi 4K 60Hz pada saat yang bersamaan.

Mungkin Anda baru mendengarnya, tapi sesungguhnya USB4 bukanlah hal yang baru saja dikembangkan. Teknologi ini berbasis Thunderbolt 3 besutan Intel yang sudah dikontribusikan pada pengembangan USB.

Lebih serunya lagi, USB4 juga masih dapat kompatibel dengan standar versi lama seperti USB 2 atau USB 3.2. Nah, untuk mencapai kecepatan maksimal, kita perlu menggunakan kabel yang mendukung 40Gbps, yaitu hanya USB-C untuk saat ini.

Teknologi Thunderbolt kebanyakan digunakan oleh Apple hingga saat ini, tapi Intel sedang bekerjasama dengan Microsoft untuk memastikan dukungan Windows 10 dapat berjalan tanpa kendala. Tidak lupa teknologi ini juga turut dikembangkan untuk menyambangi sistem operasi Linux.

Kini, lebih dari 50 perusahaan turut berpartisipasi dalam fase terakhir seritifkasi USB4 yang akan diterbitkan pertengahan tahun ini.
USB4 adalah sebuah teknologi yang sangat maju, melihat adopsi USB 3.2 yang juga belum menyeluruh padahal sudah luncur skitar 2 tahun lalu. Jadi USB4 baru akan jadi masal dalam beberapa tahun mendatang. Mari kita tunggu saja.

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Tags :

#
intel,
#
usb if,
#
usb4