MENU
icon label
image label
blacklogo

Twitter Enyahkan Fitur Geotagging

JUN 21, 2019@18:10 WIB | 236 Views

Pada beberapa platform media sosial, pengguna memiliki kemampuan untuk mem-posting pembaruan status, foto dan sebagainya, serta berbagi lokasi mereka secara bersamaan. Namun ternyata tidak sedikit orang yang melihat fitur terakhir sebagai medio melepaskan privasi Anda. Nah jika Anda termasuk yang tidak nyaman dengan fitur berbagi lokasi, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa Twitter telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapusnya.

Bagi mereka yang belum tahu, Twitter memiliki fitur Geotagging yang memungkinkan pengguna untuk menandai di mana mereka berada. Ini adalah fitur yang sepenuhnya opsional. Mereka yang tidak menggunakannya tidak akan mendapatkan lokasi mereka ditampilkan dalam tweet-nya. Namun faktanya fitur itu ada dan siap digunakan seandainya pengguna memutuskan untuk mengambil keuntungan dari itu. Namun menurut Twitter, tampaknya mayoritas pengguna mereka memilih tidak menggunakannya. Melihat fakta itu maka Twitter memutuskan untuk menghapusnya secara keseluruhan.

Walau demikian keputusan ini tampaknya bukan tentang melindungi privasi, tapi lebih banyak mengenai menghemat sumber daya yang dapat digunakan untuk proyek lain. Menurut Twitter, “kebanyakan orang tidak memberi tag lokasi mereka yang sebenarnya di tweet, jadi kami menghapus kemampuan ini untuk menyederhanakan pengalaman tweeting Anda. Anda masih dapat memberi tag lokasi tepat Anda di tweet melalui fitur kamera kami yang diperbarui. Itu sangat membantu ketika berbagi momen di lapangan."

Sayangnya dalam pengumunan Twitter tidak disebutkan apakah ini akan berarti bahwa tweet lama yang memakai Geotagging akan juga dihapus penandaan lokasinya, atau hanya akan berlaku untuk tweet baru sejak diberlakukannya perubahan itu.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
twitter,
#
geotagging,
#
social media