MENU
icon label
image label
blacklogo

TikTok dkk Ketahuan Mengintip Pengguna iOS Melalui Clipboard

JUN 29, 2020@11:23 WIB | 261 Views

Ponsel merupakan salah satu barang pribadi yang memiliki ‘rahasia’ tersendiri untuk pemiliknya. Bisa saja berisi chat pribadi, akun media sosial, bahkan akun mobile banking sendiri. Jika ponsel kalian disusupi, bisa saja ketika kalian mengetik sesuatu, maka bisa direkam oleh si penyusup tersebut.

Kalian tahu bahwa aplikasi musik video terpopuler saat ini, TikTok diketahui sedang ‘mengintip’ lewat clipboard pengguna iOS. Tiktok kepergok sedang mengintip lewat clipboard pengguna iOS sebenarnya berkat fitur baru di iOS 14 yang dapat memberi tahu pengguna setiap kali ada aplikasi mengakses papan klip/clipboard device mereka. Namun secara mengejutkan, tak hanya TikTok saja yang melakukan ini, namun hampir 50 aplikasi ternama di iOS melakukan ‘spionase’ ini.

Dilansir dari ArsTechnica, peneliti Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengatakan bahwa TikTok tidak sendirian mengintip aktivitas pengguna ponsel dari clipboard. Ada lebih dari 50 aplikasi terpopuler untuk iOS yang terdeteksi melakukan aktivitas ‘mata-mata’ tersebut. Ada pula aplikasi kenamaan AS, Wall Street Journal, New York Times, hingga Fox News, serta game seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile. Aplikasi media sosial lainnya yang terpantau seperti Viber dan Weibo, juga ketahuan menyusup lewat Clipboard.

“Aplikasi ini sangat berbahaya. Mereka [aplikasi] bisa membaca clipboard, dan tidak ada alasan jelas untuk melakukan ini. Meskipun begitu kami tidak mengetahui kenapa dan alasan aplikasi tersebut mengakses clipboard pengguna ponsel,” kata Tommy Mysk.

Namun, sejauh kasus ini diketahui khalayak, TikTok, yang menjadi salah satu perusahaan yang diketahui melakukan spying, membenarkan dengan mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mencegah spam, dan berjanji bahwa mereka akan menghapus fitur ini.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
ios,
#
ios 14,
#
apple,
#
clipboard,
#
menyusup,
#
snooping