MENU
icon label
image label
blacklogo

Terungkap, Apple Sedang Mengembangkan Perangkat AR Baru

SEP 04, 2019@10:40 WIB | 71 Views

Rumor terbaru secara mengejutkan mengabarkan bahwa Apple diam-diam sedang bersiap untuk merilis headset atau kacamata AR milik mereka sendiri. Menurut MacRumors, sistem operasi iOS 13 (untuk iPhone dan iPad) berisi bukti yang cukup kuat bahwa beberapa bentuk perangkat keras AR sedang dalam pengembangan raksasa teknologi itu.

Situs ini menemukan berbagai file yang mengacu pada augmented reality, seperti "ARStarBoardViewController" dan "ARStarBoardSceneManager", serta aplikasi "STARTester" dengan status "worn" dan "held" yang semuanya sangat mengindikasikan ke arah perangkat AR yang dapat dipakai. Prospek perangkat keras augmented reality buatan Apple sebenarnya sudah sempat mengembang, sampai beberapa bulan yang lalu ketika sebuah laporan Digitimes mengklaim bahwa tim kacamata AR Apple telah dihentikan.

Apple sendiri belum memberikan klarifikasi tentang perangkat keras tertentu, meskipun sudah diketahui secara umum bahwa mereka melihat banyak potensi dalam teknologi augmented reality. Pada awal 2018, Tim Cook mengatakan bahwa, "Saya melihat AR sebagai sesuatu yang mendalam." Komentarnya datang hanya beberapa bulan setelah mengatakan bahwa teknologi kacamata pintar AR (yang ada saat itu) belum cukup berkembang untuk produk yang Apple inginkan.

"Hari ini saya dapat memberitahu Anda bahwa teknologi itu sendiri tidak ada untuk melakukan hal itu dengan cara yang berkualitas. Teknologi layar diperlukan, serta menempatkan barang-barang yang cukup di wajah Anda - ada tantangan besar dengan itu," katanya.

Mengingat bahwa iOS 13 akan diluncurkan beberapa bulan setelah laporan Digitimes, jadi kecil kemungkina bahwa referensi AR yang disebutkan di atas akan ada di rancangan OS tersebut andai memang proyek perangkat kerasnya benar-benar dihentika. Kemungkinan, sebuah tim atau proyek tertentu memang ditutup, tetapi pengembangan itu berlanjut di tempat lain dalam perusahaan tersebut.

Jadi, akankah kita melihat kacamata AR Apple dalam waktu dekat? Perkiraan terdekat adalah jendela peluncuran tahun 2020, dan kemungkinan akan datang sebagai aksesori pelengkap dari smartphone mereka. Dengan iPhone yang semakin kuat setiap tahun, kami rasa kacamata (atau headset) AR khusus Apple bakal datang dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
apple,
#
apple ios 13,
#
augmented reality